Optimalkan promosi keberadaan pasar ikan di Seruyan

id Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto, DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, Kalteng

Optimalkan promosi keberadaan pasar ikan di Seruyan

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang. ANTARA/Radianor.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, khususnya instansi terkait, agar lebih meningkatkan dan mengoptimalkan promosi terhadap keberadaan-keberadaan pasar ikan yang ada di Bumi Gawi Hatantiring.

Promosi itu sebagai upaya memberitahukan sekaligus mengingatkan masyarakat di wilayah ini maupun daerah lain terhadap keberadaan pasar ikan di Seruyan, kata Bejo di Kuala Pembuang, Selasa.

"Dengan begitu, penjual pembeli yang datang ke pasar-pasar ikan di seruyan semakin banyak. Hasil tangkapan nelayan di Seruyan pun semakin mudah untuk dijual," tambahnya.

Menurut dia, promosi ini tentu saja dilakukan dalam rangka menarik minat para pembeli, baik itu dari dalam maupun luar daerah, dan meningkatkan nilai jual para nelayan yang ada di wilayah setempat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Legislator Seruyan itu mengatakan pasar ikan di kabupaten ini dalam arti luas tentu bukan hanya terbatas pada pusat perbelanjaan yang ada di wilayah dalam Kota Kuala Pembuang saja, misalnya Pasar Sayur Ikan (Saik).

"Segala hasil-hasil tangkapan para nelayan baik itu laut, sungai maupun budidaya yang ada di Kabupaten Seruyan, itu promosinya harus kita tingkatkan," kata Bejo.

Baca juga: Pemkab Seruyan pacu pembangunan infrastruktur dalam kota

Dia menyebut di Seruyan sudah terkenal akan hasil Sumber Daya Alam (SDA) di sektor perikanan yang sangat melimpah, sehingga tidak heran banyak masyarakat berprofesi sebagai nelayan. Kendati demikian, tentu masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam upaya memaksimalkan sektor tersebut.

"Seperti masih rendahnya budaya pahari pada masyarakat maupun keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) kelautan dan perikanan kita. Dan ini harus kita benahi secara bertahap, agar pengembangan sektor perikanan kita menjadi maksimal dan mampu meningkatkan PAD," harapnya.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menambahkan untuk peningkatan daya jual di sektor perikanan ini perlu adanya dukungan dari para nelayan itu sendiri seperti memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya.

Baca juga: Bupati Seruyan harapkan optimalisasi pemanfaatan TPS 3R

Baca juga: DKPP Seruyan harapkan petani tanam padi organik

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021