Legislator Kalteng: Petani di DAS Barito perlu bantuan pupuk dan bibit

id Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah, Ina Prayawati, Komisi II DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalimantan Tengah, Ka

Legislator Kalteng: Petani di DAS Barito perlu bantuan pupuk dan bibit

Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah Ina Prayawati (ketiga kanan) saat melaksanakan reses perorangan ke DAS Barito, baru-baru ini. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi II membidangi pertanian DPRD Kalimantan Tengah Ina Prayawati mengaku, ada menerima aspirasi dan permintaan dari sejumlah petani di sekitar Daerah Aliran Sungai Barito, yang memerlukan bantuan bibit dan pupuk dari pemerintah.

Petani di DAS Barito juga sangat mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah dalam memperbaiki dan meningkatkan fasilitas pendukung di sentra pertanian, kata Ina di Palangka Raya, kemarin.

"Permintaan itu disampaikan para petani, karena berkeinginan hasil pertanian di DAS Barito bisa lebih meningkat," tambahnya.

Menurut Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya itu, DAS Barito sangat layak dijadikan lokasi pertanian karena lahan ataupun tanahnya sebagian besar mineral dan relatif subur.

Ina mengatakan, apabila pemerintah memberikan perhatian serius dan membantu para petani di DAS Barito, maka besar kemungkinan sektor pertanian, baik tanaman padi, buah-buahan, karet, sayur-sayuran dan lainnya, di Kalteng ini akan meningkat signifikan.

"Sekarang ini yang perlu dilakukan pemerintah daerah adalah membantu para petani di DAS Barito. Jika itu bisa optimal dilakukan, saya yakin produksi pertanian di wilayah itu meningkat signifikan," ucapnya.

Baca juga: Dukung food estate, Kalteng perlu siapkan SDM melalui Perguruan Tinggi

Legislator Kalteng itu pun menyarankan kepada pemprov, apabila nantinya memberikan bantuan bibit dan pupuk, dapat dilakukan melalui kelompok tani. Dengan begitu, bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran.

Dia mengatakan bantuan dari pemerintah juga dapat dilakukan dengan meningkatkan infrastruktur jalan dan jembatan ke kawasan pertanian, termasuk kemampuan para petani dalam mengelola lahan pertanian yang lebih baik serta modern.

"Saya sampaikan ini karena memang selalu disampaikan saat melaksanakan reses ke DAS Barito. Semoga ini bisa mendapat perhatian pemprov," demikian Ina.

Baca juga: DPRD Kalteng minta pelaksanaan program pembangunan mengacu ke RPJMD