ANTARA Kalteng latih jurnalistik mahasiswa IAHN Palangka Raya

id ANTARA Kalteng latih jurnalistik mahasiswa IAHN Palangka Raya, Kalteng, Palangka Raya

ANTARA Kalteng latih jurnalistik mahasiswa IAHN Palangka Raya

Kepala Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Kalimantan Tengah (ANTARA Kalteng) Rachmat Hidayat (enam kanan) bersama mahasiswa Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN TP) Palangka Raya pada pelatihan jurnalistik di Palangka Raya, Selasa (2/11/2021). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Kalimantan Tengah (ANTARA Kalteng) Rachmat Hidayat memberikan pelatihan jurnalistik kepada mahasiswa di Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN TP) Palangka Raya.

"Di era digital ini mahasiswa harus mampu menyampaikan informasi dari berbagai peristiwa. Minimal di lingkup kegiatan kemahasiswaan dan lebih jauh terkait peristiwa yang menyangkut kepentingan masyarakat," kata Rachmat di Palangka Raya, Selasa.

Dia mengatakan dengan belajar jurnalistik mahasiswa juga akan semakin mampu menyampaikan informasi melalui tulisan secara akurat, efektif dan mudah dibaca.

Jurnalistik erat kaitannya dengan kewartawanan dan media massa atau komunikasi media. Jurnalistik merupakan ilmu, teknik serta proses yang berkaitan dengan penulisan berita, feature dan artikel opini, baik pada media cetak, televisi maupun daring.

"Dengan memahami jurnalistik maka mahasiswa sebagai generasi muda juga akan lebih mampu menyaring setiap informasi yang tersebar luas di media sosial, mana 'hoax' dan mana informasi sesuai fakta," katanya.

Pernyataan itu diungkapkan Rachmat Hidayat dalam acara kegiatan pelatihan jurnalistik mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IAHN TP Palangka Raya bertema etika bermedia/jurnalistik online di era digital.

Presiden BEM IAHN Tampung Penyang Tobie Suswoyo menerangkan pelatihan yang dilaksanakan di lingkungan Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang itu diikuti 25 peserta yang merupakan perwakilan 10 program studi yang ada.

Dia menerangkan pada pelatihan jurnalistik yang diikuti mahasiswa semester satu hingga semester tujuh itu setidaknya menghadirkan tiga narasumber atau pemateri.

Baca juga: DPRD minta Pemkot Palangka Raya perhatikan sektor pertanian

"Pelatihan ini sebagai upaya peningkatan mutu sumber daya mahasiswa dan mahasiswi yang ada sehingga semakin memahami etika bermedia sosial di era digital," katanya.

Selain itu pelatihan yang menjadi program kerja BEM IAHN TP periode 2020-2021 itu juga bertujuan meningkatkan kemampuan para peserta dalam menyampaikan informasi melalui tulisan yang sesuai kaidah-kaidah jurnalistik.

Pantauan di lokasi para peserta antusias mengikuti pelatihan tersebut. Peserta aktif mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Terlebih Kepala LKBN ANTARA Biro Kalimantan Tengah juga memberikan penghargaan langsung bagi peserta yang menjawab pertanyaan seputar jurnalistik secara benar.

Pada sesi terakhir Kepala LKBN ANTARA Biro Kalimantan Tengah memberikan tugas tambahan menulis jurnalistik didasar empat foto yang ditampilkan dengan tema utama HUT RI dan pandemi.

Sebagai bentuk penyemangat kepada 25 peserta, tiga karya tulis yang dinilai terbaik akan kembali mendapat penghargaan secara langsung berupa e-money atau pulsa sesuai keinginan penulis terbaik.

Baca juga: Sekjen Kemenkumham minta jajaran turut antisipasi kenaikan COVID-19

Baca juga: 7.508 siswa SMP di Palangka Raya telah divaksin COVID-19

Baca juga: Kadisdik: Hari pertama PTM terbatas di Palangka Raya lancar


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021