DPRD Barsel minta pemkab dukung kelancaran Operasi Zebra 2021

id Dprd barsel, operasi zebra telabang, ketua dprd barsel, buntok, farid yusran, barsel, kalteng, lalu lintas

DPRD Barsel minta pemkab dukung kelancaran Operasi Zebra 2021

Ketua DPRD Barito Selatan, Farid Yusran (dua dari kiri) bersama lainnya di Buntok, Senin, (15/11). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengharapkan pemerintah kabupaten setempat turut membantu kelancaran pelaksanaan Operasi Zebra Telabang 2021.

"Kami meminta pemkab agar mendukung kelancaran operasi yang dilaksanakan Polri ini," kata Ketua DPRD Barito Selatan, Farid Yusran usai mengikuti apel di Buntok, Senin.

Ia mengatakan, bantuan tersebut dapat direalisasikan dalam bentuk penyediaan masker, tempat istirahat bagi pengguna jalan maupun materi lainnya dalam kegiatan bakti sosial yang akan dilaksanakan nantinya dalam operasi zebra.

Selain itu politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu juga sangat mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Telabang yang dilaksanakan Polri secara serentak di seluruh Indonesia tersebut.

"Kegiatan ini juga membantu pemerintah dalam menurunkan angka penularan COVID-19," ucap Farid Yusran yang juga menjabat Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Barito Selatan ini.

Sebab, operasi yang dilaksanakan tersebut, selain untuk meningkatkan budaya tertib berlalu lintas, masyarakat juga harus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Hal itu dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19 agar pandemi bisa segera berlalu, sehingga masyarakat bisa menjalankan kehidupan yang normal dan ekonomi masyarakat bisa terus bangkit.

Sementara itu, Wakapolres Barito Selatan, Kompol Asdini Pratama Putra mengatakan, Operasi Zebra Telabang 2021 tidak berorientasi pada penegakan hukum tilang terhadap kendaraan bermotor.

"Pada operasi zebra yang dilaksanakan dari 15-28 November ini seluruh kegiatan diarahkan pada pola berupa tindakan simpatik humanis kepada masyarakat," katanya saat membacakan sambutan Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto.

Dijelaskannya, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan edukasi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas berupa pembagian masker dan memasang stiker ayo pakai masker, serta kegiatan lainnya. Selain itu, melaksanakan bakti sosial dan pelayanan kepada masyarakat guna menciptakan rasa simpatik kepada Polri.