Pejabat hingga tekon Pemprov Kalteng turun lapangan bantu warga terdampak banjir

id Pemprov kalteng, pejabat pemprov kalteng, pj sekda kalteng, nuryakin, gubernur kalteng, sugianto sabran, banjir palangka raya, banjir kalteng

Pejabat hingga tekon Pemprov Kalteng turun lapangan bantu warga terdampak banjir

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) bersama Wagub Edy Pratowo (kanan) dan Penjabat Sekda Nuryakin saat meninjau banjir di Palangka Raya, Jumat, (19/11/2021). (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin mengatakan, para pejabat eselon II, III dan IV, ASN maupun tenaga kontrak di lingkup pemerintah provinsi, telah pihaknya minta turun langsung ke lokasi banjir membantu warga terdampak, baik secara materiil maupun tenaga.

"Hal ini telah kami sampaikan kepada masing-masing kepala OPD lingkup pemprov untuk ditindaklanjuti," katanya di Palangka Raya, Sabtu.

Nuryakin memaparkan, kebijakan ini menindaklanjuti perintah Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial kepada masyarakat, khususnya sekitar Palangka Raya yang terdampak banjir.

Disampaikannya lokasi dan OPD yang bertugas diatur oleh Kepala Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng yang waktunya dibagi menjadi dua sif, yaitu pagi-siang dan siang-sore.

Dijabarkannya, lokasi yang menjadi sasaran kegiatan OPD tersebut meliputi Pasar Kahayan, kawasan Mendawai, Jalan Arut, Gor KONI, kawasan Telaga Biru, Jalan Sulawesi, Jalan Pelatuk II, Pahandut Seberang, serta Marang. Masing-masing lokasi per sif nya dilakukan oleh dua hingga tiga OPD sekaligus.

"Kami semua terjun langsung membantu masyarakat dan tidak memberatkan posko pengungsian, maksudnya makanan dan minuman kami bawa masing-masing," terangnya.

Kemudian Dinas Kesehatan, RS Doris Sylvanus maupun lainnya, juga telah diminta melakukan pengecekan kesehatan dan pengobatan secara massal bagi masyarakat terdampak banjir.

Sementara itu pada Jumat (19/11) sore kemarin, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran juga turun langsung ke lokasi banjir maupun posko dan tempat pengungsian, guna memastikan kondisi warga serta pemenuhan kebutuhan mereka, baik makanan, kesehatan maupun lainnya.

Tampak dalam peninjauan yang turut didampingi Ketua TP PKK Kalteng Yulistra Ivo dan lainnya tersebut, gubernur juga berinteraksi dengan para warga, serta memberikan semangat maupun dukungan moril.

Lokasi yang ditinjau gubernur diantaranya tenda pengungsian di Jalan Mendawai, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, hingga kawasan terdampak banjir lainnya di kawasan Pelabuhan Rambang.