Tinjau RSDS, Gubernur Kalteng pastikan warga kurang mampu terlayani dengan baik

id Gubernur kalteng, sugianto sabran, rsds, rs doris sylvanus, pelayanan kesehatan, warga tidak mampu, kalteng

Tinjau RSDS, Gubernur Kalteng pastikan warga kurang mampu terlayani dengan baik

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat mengunjungi RSDS di Palangka Raya, Selasa (23/11) malam. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengunjungi Rumah Sakit Doris Sylvanus (RSDS) pada Selasa (23/11) malam, untuk meninjau pelaksanaan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Saya ingin memastikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk warga kurang mampu agar dilayani dengan baik," tegas Sugianto.

Hal tersebut sebagai upaya pemenuhan hak dasar manusia terhadap layanan kesehatan yang baik. Ia tak ingin ada rumah sakit atau fasilitas kesehatan menolak warga kurang mampu berobat.

Menurutnya, sudah seharusnya pelayanan kesehatan dilakukan secara optimal kepada setiap masyarakat, tak terkecuali masyarakat kurang mampu agar mendapat hak pelayanan kesehatan yang sama dengan warga mampu lainnya tanpa perbedaan.

"Kami terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, baik dalam peningkatan kualitas SDM kesehatan, kuantitas, hingga ketersediaan sarana prasarana yang memadai," ungkapnya.

Saat ke RSDS tersebut, gubernur mengunjungi kerabat dan masyakarat yang membutuhkan perawatan, baik di ruang perawatan biasa maupun ruang jantung intensive/ICVCU.

Gubernur memberikan dukungan moril bagi pasien dan keluarga, diantaranya pasien yang dibesuk adalah Rusdiana yakni istri almarhum Sabran Ahmad yang saat ini dirawat di Ruang ICVCU.

“Tetap terus menjalankan perawatan, ikuti anjuran dokter dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT, agar segera sembuh dari sakit yang diderita dan dapat beraktivitas kembali," ujar Sugianto menyemangati.

Turut mendampingi gubernur, yakni Penjabat Sekda Kalteng Nuryakin dan Direktur RSDS Yayu Indiriaty. Dalam kunjungan tersebut Nuryakin menyampaikan, gubernur sangat fokus dalam pembangunan di sektor kesehatan.

"Utamanya pelayanan kepada warga tidak mampu, itu tidak bisa ditawar dan itu perintah, harus dilayani dan biaya akan ditanggung pemerintah," jelasnya.

Selain itu, keseriusan pemprov dalam pemenuhan pelayanan kesehatan masyarakat juga bisa dilihat saat terjadi banjir di Palangka Raya baru-baru ini, yakni gubernur dengan segera memerintahkan tim kesehatan turun ke lapangan untuk membantu warga terdampak dan memberi pelayanan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021