Penjabat Sekda Kalteng sebut pentingnya adaptasi digital bagi guru

id Pemprov kalteng, hari guru nasional, adaptasi digital, literasi digital, pj sekda kalteng, nuryakin, kalteng

Penjabat Sekda Kalteng sebut pentingnya adaptasi digital bagi guru

Penjabat Sekda Kalteng Nuryakin dalam upacara Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2021 di Palangka Raya, Kamis, (25/11/2021). (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin mengatakan, para guru harus bisa beradaptasi dengan digital, terlebih di masa pandemi COVID-19 yang membuat semua aktivitas menjadi lebih terbatas.

"Guru harus belajar memanfaatkannya agar bisa mendidik para murid secara optimal terlebih dalam situasi pandemi," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Hal itu ia sampaikan saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam upacara Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2021.

Adaptasi digital kian penting mengingat pemanfaatan ruang digital yang kian meningkat oleh masyarakat, serta mampu memberikan banyak nilai tambah atau manfaat positif terhadap berbagai bidang, diantaranya pendidikan.

Seperti yang diketahui bersama, selama pandemi melanda sebagian besar pembelajaran dilakukan dengan pemanfaatan ruang digital atau dilakukan secara daring.

Selain agar penerapan disiplin protokol kesehatan bisa dilakukan secara optimal guna mencegah penyebaran virus, di sisi lain pemanfaatan ruang digital untuk mendukung pembelajaran juga memberikan banyak dampak positif, misalnya kemudahan mencari referensi, membuat lebih kreatif dan mandiri, serta lainnya. Untuk itu memang sudah seharusnya adaptasi digital dilakukan.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan terima kasih dan rasa bangga terhadap perjuangan para guru khususnya dalam situasi pandemi yang tetap semangat untuk terus mengabdi pada negara.

"Tak banyak orang menyadari prestasi maupun keberhasilan yang dicapai pelajar, sesungguhnya bukan murni hasil jerih payah pelajar itu sendiri, namun juga ada peran penting seorang guru disamping peran orang tua," terangnya.

Nuryakin menegaskan, tugas seorang guru tidaklah mudah, seperti mengajar, membimbing tanpa bosan, hingga pada akhirnya bisa membuat anak didik memahami pelajaran yang diberikan.

Untuk itu pihaknya terus berupaya mendukung para guru, agar senantiasa diberi kemudahan dalam proses pembelajaran sehingga bisa meraih hasil maksimal.

"Semoga ilmu yang diajarkan menjadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi amalan yang tidak pernah terputus," harapnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021