Bupati Sukamara berharap pelaku usaha optimalkan peralatan kerja bantuan pemerintah

id Bupati Sukamara berharap pelaku usaha optimalkan peralatan kerja bantuan pemerintah, Kalteng, sukamara, Bupati Sukamara, Windu Subagio

Bupati Sukamara berharap pelaku usaha optimalkan peralatan kerja bantuan pemerintah

Bupati Sukamara Windu Subagio. ANTARA/Pemkab Sukamara

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara Kalimantan Tengah Windu Subagio berharap berbagai peralatan usaha yang diberikan pemerintah kepada pelaku usaha bisa dimanfaatkan secara optimal untuk pengembangan usaha.

"Saya berharap bantuan peralatan yang telah diberikan pemerintah bisa bermanfaat dan dapat meningkatkan produktifitas dan hasil usaha, sehingga usaha yang dijalankan bisa lebih berkembang lagi,” harap Windu Subagio di Sukamara.

Belum lama ini Pemerintah Kabupaten Sukamara menyerahkan hibah peralatan bagi usaha mikro kecil yang tergabung dalam kelompok usaha maupun perorangan. Total nilai hibah peralatan usaha tersebut mencapai lebih dari Rp296 juta.

Peralatan yang diberikan seperti peralatan perbengkelan, peralatan pembuat kerupuk amplang, peralatan pengolah keripik, mesin parut kelapa, mesin jahit dan obras, mesin gerinda dan batu asah, pemeras tebu, peti ikan, mixer dan oven, perajang singkong serta peniris minyak.

Bantuan tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah daerah membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Disadari, sebagian masyarakat mengandalkan hidup dari sektor UMKM.

Baca juga: Dekranasda Sukamara dorong peningkatan kemampuan perajin lokal

Pemerintah Kabupaten Sukamara dalam upaya membangun ekonomi daerah siap mendorong dan mendukung pengembangan para pelaku UMKM baik dari kebijakan, permodalan dan peralatan produksi.

Dari segi permodalan, diharapkan para pelaku UMKM tidak mengalami kendala lagi karena para pelaku UKM dapat menggunakan jasa perbankan untuk memanfaatkan fasilitas dana Kredit Untuk Rakyat (KUR) yang telah dijamin oleh pemerintah.

Bantuan hibah peralatan tersebut diharapkan dapat menunjang sektor UMKM untuk meningkatkan kapasitas produksi. Peningkatan ini diharapkan juga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan iklim perekonomian yang demikian akan menumbuhkan para pelaku UKM baru dan mengembangkannya menjadi usaha besar diharapkan juga dapat menambah penyerapan lapangan kerja,” terangnya.

Baca juga: Sukamara komitmen turunkan angka stunting dan ciptakan SDM unggul