Bupati Lamandau harapkan BPD mampu wujudkan keseimbangan dalam pemdes

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, sematu jaya, hendra lesmana, kalteng

Bupati Lamandau harapkan BPD mampu wujudkan keseimbangan dalam pemdes

Bupati Lamandau Hendra Lesmana dalam pelantikan anggota BPD di halaman Kantor Kecamatan Sematu Jaya, Rabu, (8/12/2021). (ANTARA/Ho-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mengharapkan, keberadaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mampu meningkatkan sekaligus mewujudkan keseimbangan dalam pemerintahan desa.

"BPD merupakan wakil masyarakat yang dipilih dan juga bagian dari pemerintahan desa," katanya di Nanga Bulik, Rabu.

Hal itu Hendra sampaikan di sela pelantikan puluhan anggota BPD di halaman kantor Kecamatan Sematu Jaya. BPD tersebut tersebar di sejumlah desa, diantaranya di wilayah Kecamatan Sematu Jaya, Batang Kawa, serta Bulik.

Menurutnya BPD sebagai lembaga perwujudan dari demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Untuk itu sudah seharusnya para anggota bisa memaksimalkan perannya.

"Baik BPD maupun kepala desa, merupakan mitra yang saling bersinergi dan mendukung antara satu dan lainnya," ungkapnya.

Lebih lanjut Hendra mengatakan, BPD seharusnya mampu membangun jalinan komunikasi yang baik dalam sebuah koordinasi atau konsultasi.

Selain itu yang tak kalah penting, yakni pemanfaatan Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa harus mampu dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Agar dalam pemanfaatannya berjalan efektif, efisien, transparan dan tentunya bisa dipertanggungjawabkan," tegasnya.