1.024 personel gabungan amankan Nataru di Kalteng

id 1.024 personel gabungan amankan Nataru di Kalteng, kalteng, polda kalteng, polisi, presisi

1.024 personel gabungan amankan Nataru di Kalteng

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto melakukan pengecekan personel gabungan yang terlibat dalam apel gelar pasukan Operasi lilin Telabang 2021 yang digelar di halaman Mapolda setempat, Kamis (23/12/2021). ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng

Palangka Raya  (ANTARA) - Sebanyak 1.024 personel gabungan dari Polda Kalteng, Kodim 1016 Palangka Raya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Perhubungan, Satpol PP serta sejumlah personel instansi lainnya dikerahkan dalam pengamanan Natal dan tahun baru di Kalimantan Tengah. 

"Untuk personel Polda yang terlibat dalam operasi selama 10 hari berjumlah 546 personel. Kalau ditotal dengan instansi gabungan lainnya berjumlah 1.024 personel akan mengamankan Natal dan pergantian malam tahun baru 2021-2022," kata Kepala Bidang Humas Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro di Palangka Raya, Kamis, usai melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Telabang 2021 di Mapolda, Kamis. 

Eko menjelaskan, personel yang diterjunkan dalam pengamanan Nataru tersebut akan difokuskan menjaga sejumlah tempat seperti rumah ibadah, tempat-tempat pelaksanaan perayaan Natal dan tempat wisata.

Dia meyakinkan bahwa saat ini kondusivitas provinsi setempat jelang Nataru, masih dalam kategori aman. Tidak ada gangguan kamtibmas atau kejadian yang menonjol.

"Situasi di Kalteng saat ini masih kondusif. Hal seperti ini harus kita rawat dengan baik hingga malam pergantian tahun nantinya," ungkapnya.

Selain itu, sambung perwira Polri berpangkat melati tiga tersebut, masyarakat juga diminta untuk tidak merayakan malam tahun baru di luar rumah.

Baca juga: Kebakaran besar landa kawasan padat penduduk di Palangka Raya

Masyarakat juga disarankan untuk tidak membunyikan kembang api atau petasan. Tindakan itu dikhawatirkan bisa mengganggu kamtibmas pada saat itu.

"Silahkan merayakan malam tahun baru di rumah saja dengan keluarga, sebab kondisi pandemi di wilayah kita belum berakhir," bebernya.

Sebelum mengakhiri perbincangannya dengan awak media, ia juga mengimbau kepada seluruh warga di Kalteng agar tetap menerapkan protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah.

"Ketika merayakan natal di tempat ibadah saya sarankan tetap menaati protokol kesehatan untuk menghindari terjadinya penularan wabah COVID-19," demikian Eko. 

Baca juga: 117 personel Kodim 1016/Plk amankan Nataru

Baca juga: Legislator minta pengelola mal di Palangka Raya jamin keselamatan pengunjung

Baca juga: Pemkot Palangka Raya targetkan PAD pajak 2022 sebesar Rp131 miliar