Barito Utara buat regulasi pengawalan pilkades serentak

id pilkades barut,bimtek pilkades,regulasi pengawalan pilkades,barito utara,kalteng

Barito Utara buat regulasi pengawalan pilkades serentak

Bupati Barto Utara Nadalsyah membuka bimtek bagi panitia pemilihan tingkat desa pilkades serentak di Balai Antang Muara Teweh, Rabu (5/1/2022).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, membuat regulasi untuk mengawal pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022 sesuai amanat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri.

"Kabupaten Barito Utara adalah satu-satunya kabupaten di Kalteng yang telah membuat regulasi untuk mengawal pelaksanaan pilkades serentak sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah membuka bimbingan teknis bagi panitia pemilihan tingkat desa pilkades serentak di Muara Teweh, Rabu. 

Menurut Nadalsyah, hal itu merupakan wujud perhatian besar pemerintah daerah kepada seluruh panpilkades di 73 desa yang akan menggelar pilkades pada Mei 2022 nanti agar dalam setiap langkah dan keputusan dalam rangkaian pelaksanaan kegiatan dapat mempedomani regulasi yang telah dibentuk. 

"Ini akan meminimalisir adanya keberatan ataupun masalah dalam setiap tahapan pilkades," jelas Nadalsyah.

Dia mengatakan, bimbingan teknis merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan kualitas pemahaman dan pengetahuan serta wawasan tentang bagaimana penyelenggaraan pemilihan kepala desa dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan secara efektif, efesien, aman dan tertib. 

Bupati berharap para peserta bimtek agar mengikuti dengan sungguh-sungguh seluruh materi yang disajikan, lebih proaktif melakukan dialog, tanya jawab dan berdiskusi berkaitan dengan persoalan yang mungkin timbul dalam penyelenggaraan pemilihan kepala desa. 

"Sehingga nantinya tidak menimbulkan dampak negatif dalam implementasinya di lapangan," kata dia.

Bupati juga meminta seluruh panpilkades dapat melaksanakan tugas dengan baik, dengan memperhatikan komunikasi secara intensif, bersikap profesional, adil, tidak berpihak, memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran bagi kemajuan desa, berrfikir dan bertindak dengan orientasi keberhasilan bersama, selalu musyawarah dalam  menghadapi permasalahan sehingga menghasilkan keputusan yang terbaik, memperhatikan protokol kesehatan selama pelaksanaan, koordinasi aktif, dan menjaga kondusifitas desa.

Pilkades ini merupakan sarana pemersatu masyarakat, bukan untuk memecah  belah. Masyarakat  sebagai  subyek  untuk  menentukan figur yang dinilai pantas dan dapat mewakili aspirasinya dan  bukan  obyek  yang  mudah dipengaruhi, karena masyarakat punya akal pikiran dan hati nurani, jangan sampai mudah dipengaruhi dengan politik  uang  atau  sesuatu  yang  sifatnya  hanya sementara.

Terakhir Bupati menyampaikan apresiasi kepada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Utara dan Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten atas terselengaranya bimtek. 

"Semoga lancar dan sukses sesuai harapan," ujar Nadalsyah.