Gerakkan ekonomi, DPRD Kalteng minta pelaku UMKM lebih diperhatikan

id Ketua Fraksi Gabungan FGP4H DPRD Kalimantan Tengah, Tomy Irawan Diran, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalimantan Tengah, UMKM Kalteng, UMKM

Gerakkan ekonomi, DPRD Kalteng minta pelaku UMKM lebih diperhatikan

Ketua Fraksi Gabungan FGP4H DPRD Kalimantan Tengah Tomy Irawan Diran. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Fraksi Gabungan PAN, PKS, PPP, Perindo, Hanura (FGP4H) DPRD Kalimantan Tengah Tomy Irawan Diran menilai, keberadaan usaha mikro kecil menengah di provinsi ini telah menunjukkan perannya dalam menggerakkan perekonomian, terkhusus pada saat itu adanya pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Potensi UMKM itu harus dimanfaatkan oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota se-Kalteng agar semakin optimal dalam menggerakkan perekonomian sekaligus membuka lapangan pekerjaan, kata Tomy di Palangka Raya, kemarin.

"Jadi, kami meminta para pelaku di provinsi ini bisa lebih diperhatikan, termasuk perkembangan produk-produk yang dihasilkan," ucapnya.

Menurut Sekretaris Komisi IV pembangunan dan tenaga kerja DPRD Kalteng itu, perekonomian bidang UMKM merupakan salah satu sektor penting karena menyangkut keberlangsungan hidup masyarakat banyak.
 Apalagi sejak adanya COVID-19, membuat banyak masyarakat kesulitan untuk bekerja, bahkan ada yang kehilangan pekerjaan.

Tomy mengatakan kondisi negatif dari pandemi COVID-19 itu perlu dijadikan pengalaman sekaligus pelajaran, untuk semakin memberikan perhatian kepada para pelaku UMKM. Sebab, untuk mendorong geliat ekonomi sektor UMKM, perlu adanya terobosan-terobosan baru agar mampu menjaga stabilitas perekonomian di Kalteng.

"Dengan begitu, keberadaan dan peran UMKM semakin mampu menjaga stabilitas perekonomian di Kalteng. Dan, saya yakin, UMKM di Kalteng ini mampu berkembang dan produknya bisa menembus nasional bahkan internasional," tambahnya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau itu menyebut, UMKM harus menjadi salah satu penyangga stabilitas perekonomian masyarakat di Kalteng. Untuk itulah pemerintah daerah harus terus mendukung dan mendorong, agar UMKM di wilayah ini bisa bertahan dan bisa berkembang semakin baik lagi kedepan.

"Kami dari DPRD Kalteng, terkhusus Fraksi Gabungan FGP4H, selalu siap untuk mendukung apapun program pemerintah daerah dalam membantu UMKM semakin berkembang," demikian Tomy.

Baca juga: Legislator Kalteng minta jalan provinsi di DAS Barito ditingkatkan

Baca juga: DPRD sarankan pemprov desak PBS di Kalteng miliki NPWP Cabang