Legislator Seruyan sebut penyebaran tenaga kesehatan belum merata

id Dprd seruyan, atinita, nakes seruyan, tenaga kesehatan, kuala pembuang, pelosok seruyan, perdesaan, desa, kalteng

Legislator Seruyan sebut penyebaran tenaga kesehatan belum merata

Legislator Kabupaten Seruyan Atinita. (ANTARA/Ho-Publikasi DPRD Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Legislator Seruyan, Kalimantan Tengah Atinita meminta pemerintah kabupaten setempat bisa melakukan pemerataan tenaga kesehatan sampai wilayah pelosok yang jauh dari perkotaan.

"Saya harap penempatan atau penambahan nakes bisa menjadi salah satu prioritas, sehingga dengan meratanya nakes bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Atinita di Kuala Pembuang, Selasa.

Menurutnya masih banyak desa-desa di pelosok Seruyan yang saat ini belum memiliki dokter, perawat serta bidan. Padahal keberadaan mereka sangat diperlukan masyarakat.

“Misalnya saja seperti di daerah pemilihan III, keberadaan nakes ini sangat kurang, makanya kami harap hal tersebut bisa ditambah lagi, kalau bisa setiap desa ada tenaga kesehatan,” harapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan kondisi seperti itu tentu membuat sebagian masyarakat di daerah kesulitan jika ingin berobat maupun melakukan pemeriksaan kesehatan.

Masyarakat setempat jika ada keluhan tentang penyakit, harus pergi ke ibu kota kecamatan yang harus menempuh perjalanan cukup jauh dan biaya yang begitu mahal.

Seperti yang terjadi di Desa Tumbang Setawai Kecamatan Seruyan Hulu, serta Desa Tumbang Gugup dan Rantau Betung di Kecamatan Suling Tambun. Tiga desa tersebut belum memiliki nakes baik itu dokter, perawat maupun bidan.

Sehingga diharapkan pemerintah melalui instansi terkait bisa memerhatikan permasalahan ini secara serius. Pemerataan tenaga kesehatan di setiap desa sangat penting, untuk memberikan pelayanan kesehatan maksimal dan berkualitas untuk masyarakat.

“Tenaga kesehatan ini memang seharusnya tersebar sehingga semua masyarakat bisa menikmati pelayanan yang sama. Saya juga minta nakes yang bertugas di Seruyan ini, agar bisa benar-benar serius menjalankan tugasnya,” tuturnya.