DPRD minta Bapenda turun langsung gali PAD di Seruyan

id Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko, DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan,Kalteng

DPRD minta Bapenda turun langsung gali PAD di Seruyan

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang. ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko meminta kepada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat, agar bisa turun langsung ke lapangan menggali pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2022.

"Kita mengharapkan agar instansi terkait bisa proaktif dalam mencapai realisasi PAD, seperti melakukan jemput bola pada setiap sumber pajak," kata Bambang di Kuala Pembuang, Rabu.

Menurut dia, upaya jemput bola dinilainya lebih efektif dibandingkan upaya lainnya, dengan terjun kelapangan secara langsung tentunya akan lebih mudah untuk menyerap sumber pendapatan daerah seperti halnya menagih pajak-pajak dari perusahaan besar perkebunan kelapa sawit yang beroperasional di wilayah setempat.

Legislator Seruyan itu mengatakan, hal ini  juga bisa mengatasi permasalahan selama ini, dimana masih  banyak perusahaan yang menunggak dalam membayar pajak.

"dengan begitu dapat meningkatkan pendapatan daerah kita, yang nantinya bisa menciptakan program kesejahteraan bagi masyarakat Seruyan," ucapnya.

Bambang mengatakan, apabila sumber pendapatan daerah dapat terserap dengan baik, diharapkan roda pemerintahan Bumi Gawi Hatantiring ini juga dapat berjalan dengan lebih baik lagi, bahkan mampu memulihkan kondisi perekonomian masyarakat yang selama 2 tahun lebih ini terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Politisi Partai Golongan Karya itu menambahkan bahwa hal yang tidak kalah penting yakni kerja sama antara satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) yang ada di Seruyan, dengan menciptakan sumber-sumber pendapatan seperti sektor perkebunan, pertanian, peternakan, perikanan dan lain sebagainya.

Kemudian, dirinya juga mengapresiasi atas kerja keras dan semangat dari Pemkab Seruyan yang sudah berusaha maksimal dalam mengejar target pendapatan daerah.

"Kerja sama dari SOPD lainnya juga sangat diperlukan agar bisa menciptakan sumber-sumber pendapatan baru, dengan begitu PAD kita bisa meningkat dan juga dukungan dari masyarakat sebagai wajib pajaknya," demikian Bambang.

Baca juga: Legislator Seruyan: Penempatan ASN harus sesuai kemampuan

Baca juga: Wabup Seruyan: Kebersihan objek wisata Teluk Sebongkok harus dijaga

Baca juga: Bupati Seruyan berencana tambah gaji tenaga kontrak