Buka keterisolasian, akses menuju Desa Takajung dapat melalui darat

id pemkab murung raya, mura, puruk cahu, buka keterisolasian, desa takajung, kecamatan seribu riam, kalteng

Buka keterisolasian, akses menuju Desa Takajung dapat melalui darat

Dokumentasi - Badan jalan yang baru dibuka untuk menuju Desa Takajung, Kecamatan Seribu Riam. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Akses jalan dari dan menuju Desa Takajung, Kecamatan Seribu Riam, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah kini sudah tidak terisolir lagi.

Hal ini menyusul dibukanya badan jalan oleh pemerintah desa setempat bekerja sama dengan salah satu perusahaan, kata Camat Seribu Riam, Roy Chahyadi dihubungi di Puruk Cahu, Sabtu.

"Kami mengapresiasi Pemerintah Desa Takajung dan PT. KDP terkait cipta kerja pembangunan hingga terbukanya akses jalan darat menuju Desa Takajung ke Muara Joloi ibu kota Kecamatan Seribu Riam," katanya.

Pemerintah kecamatan sangat berterima kasih karena kegiatan tersebut  telah membantu terbukanya akses jalan desa, sehingga warga bisa melalui jalur darat.

Ia menjelaskan, sebelumnya akses utama yang digunakan oleh masyarakat hanyalah jalur Sungai Barito dan kini sudah memiliki akses darat, sehingga sangat membantu dari sisi ekonomi.

“Penantian yang cukup panjang, karena selama ini masih terisolir. Satu-satunya akses masyarakat mengunakan akses jalur sungai saja. Namun mulai saat ini akses jalan sudah terbuka sampai menuju pemukiman warga," terangnya.

Pria yang pernah menjadi Sekcam Tanah Siang Selatan ini menjelaskan, meski kini masyarakat sudah bisa melalui jalan darat, namun sementara hanya roda dua atau sepeda motor saja yang dapat melintasi jalan tersebut.

“Untuk sementara bisa dilalui dengan kendaraan roda dua, tetapi kita akan terus berkoordinasi dengan pemerintah desa dan perusahaan dengan harapan jalur ini secepatnya bisa dilalui dengan kendaraan roda empat,” ujarnya.

Ia juga berharap untuk seluruh masyarakat Kecamatan Seribu Riam untuk mendukung pembangunan jalan tersebut. Pihaknya akan mengupayakan, agar jalan tersebut bisa cepat diakses oleh seluruh pengguna jalan.

"Kami juga memohon dukungan dari seluruh masyarakat Kecamatan Seribu Riam,” harapnya.