Pemkab Gumas salurkan bantuan pada korban kebakaran di Penda Pilang

id Gunung Mas, Kalimantan Tengah ,kebakaran ,Penda Pilang,berita kalteng, Pemkab Gumas salurkan bantuan pada korban kebakaran di Penda Pilang,BPBD Gumas

Pemkab Gumas salurkan bantuan pada korban kebakaran di Penda Pilang

Bupati Gumas Jaya S Monong, Kepala Pelaksana BPBD Gumas Champili, Kades Penda Pilang Jhonedie dan lainnya berfoto bersama warga penerima bantuan di Desa Penda Pilang Kecamatan Kurun, Selasa (22/2/2022). (ANTARA/HO-BPBD Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah telah menyalurkan bantuan kepada dua kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran di Desa Penda Pilang Kecamatan Kurun.

“Dua KK tersebut adalah Bapak Ata I Gasan dan Bapak Agus Setiawan,” ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gumas Champili, saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa pada tahun 2021 lalu Ata I Gasan dan Agus Setiawan mengalami musibah, di mana rumah tempat tinggal mereka hangus dilalap si jago merah.

Menyikapi musibah yang dialami oleh dua KK tadi, pemkab melalui BPBD Gumas menyalurkan bantuan. Besarnya bantuan disesuaikan dengan Peraturan Bupati Gumas Nomor 03 Tahun 2013.

Yang pertama, masing-masing KK menerima bantuan senilai Rp1,5 juta karena mereka terkena musibah kebakaran. Mereka juga menerima bantuan sesuai dengan tipe kerusakan rumah.

Baca juga: Pemkab bakal bina sanggar seni se-Gunung Mas

Rumah Ata I Gasan dan Agus Setiawan mengalami kerusakan berat, sehingga masing-masing menerima bantuan senilai Rp3,5 juta. Jika ditotal, masing-masing dari mereka menerima bantuan senilai Rp5 juta.

Bantuan disalurkan langsung oleh Bupati Gumas Jaya S Monong di desa setempat pada 22 Februari 2022 lalu. Penyaluran bantuan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, dia menyebut bahwa selain menyalurkan bantuan kepada warga korban kebakaran di Penda Pilang, pemkab juga menyalurkan bantuan kepada warga korban kebakaran di desa lain.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong mengatakan dirinya berkunjung langsung ke Penda Pilang, dalam rangka memberikan bantuan dana kepada para korban yang terdampak musibah kebakaran.

“Harapannya bantuan ini bisa mengurangi beban para korban yang terkena musibah kebakaran dan juga merupakan wujud perhatian dari Pemkab Gumas,” kata orang nomor satu di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ ini.

Kepala Desa Penda Pilang Jhonedie menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Gumas atas bantuan yang telah disalurkan kepada warga desa setempat, yang terkena musibah kebakaran rumah.

“Bantuan tersebut sangat berarti bagi mereka yang menerima, untuk meringankan beban hidup dan membantu mereka setelah terkena musibah kebakaran rumah. Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Gumas dan Pak bupati,” demikian Jhonedie.

Baca juga: DPRD Gumas soroti permasalahan sampah di Sungai Kahayan

Baca juga: Infrastruktur jadi tantangan dalam pengembangan pembangunan pariwisata Gumas

Baca juga: Fraksi Nasdem-Hanura DPRD Gumas: Raperda jangan sampai mempersulit masyarakat