Diskominfosantik Kalteng lakukan pembinaan IKP ke daerah

id Diskominfo kalteng, palangka raya, sukamara, ikp, kim, kominfo, kalteng, agus siswadi

Diskominfosantik Kalteng lakukan pembinaan IKP ke daerah

Diskominfosantik Kalteng lakukan pembinaan IKP di Diskominfo Sukamara, Senin, (28/3/2022). (ANTARA/Ho-Diskominfo Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan pembinaan bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) ke sejumlah daerah.

"Di antaranya pada Diskominfo Kabupaten Sukamara dan di sana kami membahas sejumlah hal yang diperlukan," kata Pelaksana Tugas Kadiskominfosantik Kalteng Agus Siswadi di Palangka Raya, Rabu.

Pembinaan yang dilakukan meliputi peningkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), meliputi penguatan Tim PPID Utama, asistensi daftar informasi publik, hingga tata cara uji konsekuensi daftar informasi dikecualikan.

Agus memaparkan, pihaknya juga membahas tentang Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang meliputi sosialisasi pembentukan KIM bagi kabupaten yang belum membentuk, melaksanakan pembinaan KIM, maupun kunjungan ke kabupaten dan kota yang memiliki KIM binaan.

Untuk wilayah Sukamara merupakan salah satu daerah di Kalteng yang telah memiliki KIM, yakni di daerah Pantai Lunci.

Oleh karenanya usai melaksanakan pembinaan di kantor Diskominfo, ia beserta jajaran meninjau langsung KIM yang berada di Pantai Lunci tersebut.

"Istimewa sekali, ternyata publikasi di sini dilakukan oleh teman-teman KIM yang dibentuk Diskominfo Sukamara," tegas Agus.

Dijelaskannya, hal-hal yang dipublikasikan di daerah tersebut adalah milik masyarakat, namun komunikasi dan publikasi dikelola KIM yang dibentuk Diskominfo Sukamara.

Menurutnya hal ini bagus untuk diikuti kabupaten lain, tentunya disertai inovasi-inovasi baru. Adanya inovasi dan gagasan masyarakat yang kuat, serta fasilitasi pemerintah maka akan memberikan hasil yang maksimal.

"Kami ingin masyarakat mulai sekarang untuk lebih peduli, terlibat dan memerhatikan berbagai perubahan yang dialami saat ini," pintanya.

Program-program yang dirancang Kominfo, termasuk KIM, bertujuan agar masyarakat memiliki kesempatan mendapat pemahaman yang benar menggunakan teknologi di era digital.