KPB Parajakian Lemo laksanakan RAT 2021

id koperasi parajakian lemo,kpb parajakian,lemo 2 ,rat tahun buku 2021,barito utara,kalteng

KPB Parajakian Lemo laksanakan RAT 2021

Kepala Disnakertranskop dan UMKM Barito Utara M Mastur bersama CSR Dept Head PT Pamapersada Nusantara, Achmad Ibnu Hasan serta pengurus KPB Parajakian Desa Lemo foto bersama usai RAT Tahun Buku 2021 di Desa Lemo II Kecamatan Teweh Tengah, Kamis (31/3/2021).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Koperasi Pengembangan Bisnis (KPB)  "Parajakian"  Desa Lemo II Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, yang merupakan salah satu implementasi program CSR PT Pamapersada Nusantara dan PT Suprabari Mapanindo Mineral di bidang ekonomi melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021.

Rapat tersebut dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan UMKM Barito Utara M Mastur, Ketua Pengurus KPB Parajakian Lemo  Edi Suriadi, CSR Dept Head PT Pamapersada Nusantara Achmad Ibnu Hasan dan para anggota koperasi di Desa Lemo II, Kamis. 

Kadisnakertranskop dan UMKM Barito Utara  M Mastur mengapresiasi kepada pihak PT PAMA dan PT SMM atas upaya pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa di wilayah ring 1 perusahaan melalui lembaga badan usaha koperasian.

"Sebagai upaya pengembangan ke depan perlu diadakan pelatihan pengembangan kompetensi di unsur pengurus, pengawas dan anggota koperasi, sehingga dapat bersinergi dalam membangun koperasi yang mandiri," kata Mastur.


Sementara itu, CSR Dept Head PT Pamapersada Nusantara Achmad Ibnu Hasan mengatakan salah satu usaha bisnis yang telah dijalankan koperasi bersama anggotanya adalah budi daya peternakan lebah kelulut yang di mulai tahun 2021. 

Sampai saat ini kondisi aktual koloni, sebaran program dan capaian target produk madu yang menjadi produk akhir yang akan dipasarkan ke market pasar masih belum ideal dan maksimal. Pada 2022 ini akan mengubah sistem dan mengembangkan potensi budi daya kelulut sehingga dapat menghasilkan produk madu yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen pasar. 

"Hal ini selaras dengan pertumbuhan pendapatan yang nantinya akan dirasakan oleh para anggota penggiat budi daya lebah kelulut ini," kata Ibnu Hasan.

Pada momen RAT tersebut pihak Koperasi mengapresiasi anggota dengan memberikan awarding juara satu, dua dan tiga dalam dua kategori yaitu capaian madu terbanyak 2021 dengan persentase capaian target terbaik 2021. Hal ini disambut meriah dan antusias dari seluruh anggota KPB Parajakian. 

“Harapannya RAT ini dapat menjadi momen kebersamaan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota koperasi dan menjadi motivasi untuk berkarya lebih baik lagi di tahun mendatang," ujar Achmad Ibnu Hasan.