Kapal Rusia tenggelam, satu tentara tewas dan 27 awak kapal hilang

id kapal rusia,Moskow,Kapal Rusia tenggelam

Kapal Rusia tenggelam, satu tentara tewas dan 27 awak kapal hilang

Arsip - Seorang pelaut melihat kapal penjelajah rudal Rusia, Moskva, yang ditambatkan di pelabuhan Laut Hitam di Sevastopol, Ukraina, 2013. (ANTARA/Reuters/Stringer/as)

Moskow (ANTARA) - Satu tentara tewas dan 27 awak kapal hilang ketika berupaya menyelamatkan kapal jelajah berpeluru kendali Moskva milik Rusia yang tenggelam di Laut Hitam pekan lalu, demikian disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia pada Jumat (22/4).

Sebanyak 396 awak kapal yang tersisa dari Moskva, yang merupakan kapal unggulan Armada Laut Hitam Rusia, dievakuasi ke kapal lain di kawasan tersebut dan dibawa ke Sevastopol, ungkap kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya memberikan semua dukungan dan bantuan yang diperlukan kepada keluarga dan rekan para awak yang tewas dan hilang.

Menurut survei, sebagian besar awak kapal Moskva tetap ingin terus bertugas di Armada Laut Hitam.

Moskva mengalami "kerusakan parah" akibat ledakan amunisi di atas kapal yang disebabkan oleh kebakaran pada 13 April, dan sehari setelahnya, kapal itu tenggelam akibat badai laut ketika sedang ditarik menuju sebuah pelabuhan, terang Kementerian Pertahanan Rusia.

Pihak Ukraina mengklaim bahwa garda perbatasannya menggunakan rudal antikapal Neptune untuk memicu "kerusakan sangat serius" pada Moskva.