Sesepuh NU dukung Ridwan Kamil jadi capres di Pemilu 2024

id KH Ghozi Wahid Wahab Hasbullah,Ridwan Kamil,Sesepuh Nahdlatul Ulama,Sesepuh NU dukung Ridwan Kamil jadi capres di Pemilu 2024,pilpres 2024,capres

Sesepuh NU dukung Ridwan Kamil jadi capres di Pemilu 2024

Sesepuh NU, KH Ghozi Wahid Wahab Hasbullah (tengah) bersama aktivis GNIJ Pusat menyatakan dukungan politik bagi Ridwan Kamil Presiden RI 2024. (ANTARA/HO-Humas GNIJ)

Bandung (ANTARA) - Sesepuh Nahdlatul Ulama (NU), KH Ghozi Wahid Wahab Hasbullah, menyatakan dukungannya kepada Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil, agar menjadi calon presiden pada Pemilu 2024.

Bahkan cucu pendiri NU, mendiang KH Wahab Cahasbullah, yang kini menetap di Jawa Tengah ini menilai Kamil merupakan sosok pemimpin penuh dedikasi, merakyat dan berorientasi maju.

"Dan saya melihat Ridwan Kamil ini penuh dedikasi dan berorientasi membangun Indonesia ke depan," kata Hasbullah dalam keterangan tertulis Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) Pusat, Selasa.

Baca juga: Ketum Paguyuban Pasundan sarankan Ridwan Kamil terima tawaran Kepala IKN

Ia menyatakan tidak ragu menjatuhkan pilihan pada sang gubernur berlatar arsitek itu pada kontestasi Pemilu 2024. Kamil, sebagaimana Anies Baswedan (gubernur DKI Jakarta Raya) dan Gandjar Pranomo (gubernur Jawa Tengah) bukanlah pemimpin partai politik sementara calon presiden/wakil presiden independen tidak dimungkinkan maju pada kontestasi Pemilu di Indonesia. 

Belakangan ini silaturahmi tokoh-tokoh nasional dan politik dengan tokoh agama terjadi semakin kerap. 
 
Ia juga mengungkapkan saat ini bangsa Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang bisa memakmurkan kehidupan masyarakat. "Sosok Ridwan Kamil seorang akademisi, tapi kesehariannya begitu merakyat," kata dia.

Baca juga: Riset CSIIS temukan sejumlah nama capres pilihan warga NU
 
Ia juga mengapresiasi pula Program Petani Milenial yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Barat di bawah arahan Kamil. Menurut dia, jika program serupa bisa dilaksanakan tingkat nasional, akan membawa energi positif bagi ketahanan pangan bangsa Indonesia.

"Dan jangan lupa pula, perkembangan bisnis dunia sekarang serba sistem online. Ridwan Kamil paham dan menguasai betul yang demikian. Kalau (Ridwan Kamil) jadi presiden, perdagangan Indonesia akan semakin juara," katanya.

Baca juga: Ridwan Kamil diminta fokus urus Jawa Barat dibanding urus IKN
 
Sementara itu, Juru Bicara Gerakan Nasional Indonesia Juara Pusat, Nunung Sanusi, mengatakan dukungan Hasbullah terhadap Kamil menjadi letupan motivasi bagi GNIJ dalam menyosialisasikan dan menggencarkan informasi keberhasilan kepemimpinan Kamil sejauh ini.
 
Sebagai bentuk penghormatan kepada Hasbullah, dia mengatakan dalam waktu dekat GNIJ akan melakukan deklarasi di wilayah Jawa Tengah. "Jadi ini merupakan harapan dan cita-cita bersama, mendukung sepenuhnya Pak Ridwan Kamil sebagai presiden dengan agenda deklarasi GNIJ Jawa Tengah," kata dia.

Baca juga: Ridwan Kamil desain celana jeans dari daur ulang merek lokal

Baca juga: Pertemuan Ridwan Kamil dengan Prabowo bahas berbagai hal

Baca juga: Ridwan Kamil: Pertemuan dengan Khofifah tak terkait politik