Bank Kalteng ukir prestasi di Infobank Top BUMD 2022

id Bank kalteng, bank kalteng raih penghargaan infobank top bumd, infobank top bumd 2022, penyaluran kredit, plt dirut bank kalteng ahmad selanorwanda, p

Bank Kalteng ukir prestasi di Infobank Top BUMD 2022

Dokumentasi - Plt Dirut Bank Kalteng Ahmad Selanorwanda menerima penghargaan pada Infobank Top BUMD 2022, Solo, Kamis, (19/5). (ANTARA/HO-Bank Kalteng)

Terima kasih kepada Gubernur Kalteng Sugianto Sabran selaku pemegang saham pengendali, juga para pemegang saham atas arahan serta pembinaannya selama ini
Palangka Raya (ANTARA) -
Berkat performa dan capaian kinerja yang sangat baik, PT Bank Kalteng kembali berhasil meraih prestasi di tingkat nasional yakni pada Infobank Top BUMD 2022.
 
"Penghargaan yang diterima Bank Kalteng ini tak lepas dari kinerja menawan selama periode September 2020-September 2021," kata Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Kalteng Ahmad Selanorwanda dalam keterangan di Palangka Raya, Selasa.
 
Selanorwanda menerima langsung penghargaan yang diraih Bank Kalteng tersebut yakni predikat "The Best" untuk kategori KBMI 1 kelompok aset Rp10 triliun sampai dengan di bawah Rp25 triliun.
 
Dia mengatakan, adaptif yaitu mampu melihat berbagai perubahan berdasarkan perkembangan ekonomi, merupakan kunci dari keberhasilan Bank Kalteng dalam menjaga performanya.
 
Di tengah tantangan bisnis industri perbankan yang semakin ketat, sepanjang 2021 kredit yang disalurkan naik hingga 11,48 persen (yoy) menjadi Rp7,57 triliun.
 
"Nilai pertumbuhan ini menjadi yang tertinggi ke-3 dari 27 BPD di Indonesia," tegasnya.

Baca juga: Dukung UMKM berkembang, Bank Kalteng sediakan kredit suku bunga ringan
 
Kendati penyaluran kredit naik, tak membuat Bank Kalteng menjadi abai terhadap penerapan prinsip kehati-hatian sehingga kualitas kredit pun tetap baik, tercermin dari rasio kredit macet atau non performing loan (NPL) nett PT Bank Kalteng hanya 0,33 persen.
 
Kemudian di samping itu, total Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dikumpulkan PT Bank Kalteng naik 16,37 persen menjadi Rp9,17 triliun. Dengan fungsi intermediasi yang berjalan baik, Bank Kalteng mampu meraup untung Rp240,48 miliar naik 0,44 persen. Total aset PT Bank Kalteng pada 2021 naik 13,49 persen menjadi Rp11,57 triliun.
 
"Terima kasih kepada Gubernur Kalteng Sugianto Sabran selaku pemegang saham pengendali, juga para pemegang saham atas arahan serta pembinaannya selama ini," tuturnya.

Baca juga: Bank Kalteng bagikan seribu lebih paket sembako
 
Pria yang akrab disapa Wanda ini juga berterima kasih kepada para mitra kerja, nasabah, serta masyarakat yang terus bekerja sama dan mendukung pertumbuhan Bank Kalteng.
 
Selain itu, menurutnya, penghargaan yang diraih tak lepas dari komitmen, integritas dan semangat tinggi dari semua insan Bank Kalteng yang berjumlah 1.056 orang dan tersebar di seluruh daerah di provinsi setempat.
 
"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran pegawai Bank Kalteng sekaligus mengimbau untuk meningkatkan produktivitas guna mencapai kinerja terbaik untuk kebaikan serta kemajuan Bank Kalteng," tegasnya.
 
Lebih lanjut dia menyampaikan, Bank Kalteng siap meningkatkan perannya ke depan secara signifikan dalam pengembangan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di seluruh wilayah provinsi setempat.
 
Apalagi potensi yang sangat besar dalam penyaluran kredit untuk UMKM maupun korporasi, hingga pengembangan manajemen usaha bagi para pelaku UMKM.

Baca juga: Bank Kalteng berbagi di bulan suci Ramadhan

Baca juga: 'Fun bike' Sekoteng semarakkan olahraga sepeda di Palangka Raya