DPRD Kotim dorong perluasan layanan air bersih ke perdesaan

id DPRD Kotim dorong perluasan layanan air bersih ke perdesaan, kalteng, kotim, Sampit, kotawaringin Timur, Ary Dewar, pdam

DPRD Kotim dorong perluasan layanan air bersih ke perdesaan

Rombongan Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur saat kunjungan ke tempat pengolahan air bersih PDAM Tirta Mentaya Sampit, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-DPRD Kotim

Sampit (ANTARA) - Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mendorong pemerintah memperluas layanan air bersih hingga menjangkau perdesaan karena sangat dibutuhkan masyarakat. 

"Kita harus ingatkan juga bahwa PDAM (perusahaan daerah air minum) itu mempunyai tujuan utama melayani masyarakat. Jadi tidak melulu berorientasi profit atau keuntungan. Pelayanan yang harus didahulukan," kata Ary Dewar di Sampit, Kamis. 

Menurut Ary, PDAM Tirta Mentaya Sampit mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Namun perusahaan pelat merah ini dituntut harus terus bekerja keras untuk mengimbangi tingginya permintaan masyarakat terhadap layanan air bersih. 

Kerja keras menjadi hal wajib bagi manajemen PDAM untuk memenuhi permintaan masyarakat. Faktanya, selain harapan perluasan pelayanan hingga ke perdesaan, untuk sambungan baru di kota Sampit pun masih harus masuk daftar tunggu. 

Perluasan layanan air bersih ke perdesaan sangat dibutuhkan agar masyarakat mendapatkan air yang sehat untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari. Ini juga berkaitan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

Baca juga: Legislator Kotim berharap pemulihan ekonomi daerah berlangsung cepat

Perluasan layanan air bersih oleh PDAM juga untuk mencegah terjadinya krisis air bersih yang sering terjadi saat kemarau, khususnya di wilayah selatan. Saat kemarau, masyarakat sering kesulitan mendapatkan air bersih karena sumur menjadi kering, sedangkan air sungai berasa asin akibat intrusi air laut. 

Selama ini saat terjadi kelangkaan air bersih di kawasan pesisir tersebut, kebutuhan air untuk masyarakat dipasok oleh PDAM menggunakan mobil tangki air. 

"Jika jaringan pipa PDAM sudah mampu menjangkau kawasan selatan maka krisis air bersih saat kemarau bisa diatasi sehingga masyarakat tidak sampai kesulitan lagi," ujar Ary. 

Harapan layanan air bersih juga sering disampaikan masyarakat saat Ary reses ke daerah pemilihannya di Kecamatan Cempaga dan Cempaga Hulu. Dia berharap usulan-usulan masyarakat tersebut menjadi perhatian untuk dipenuhi. 

Ketua DPD Partai Gerindra Kabupaten Kotawaringin Timur ini berharap nantinya layanan air bersih oleh PDAM bisa menjangkau seluruh wilayah di kabupaten ini. Dia menginginkan bahwa PDAM wajib mendahulukan tugas pelayanan kepada masyarakat. 

Baca juga: Percepatan pembangunan desa di Kotim harus lebih ditingkatkan

Baca juga: Dinkes Kotim diminta tetap pantau kesehatan korban banjir

Baca juga: Legislator Kotim ajak tingkatkan pengamalan Pancasila di tengah kemajemukan