Pemkab Kapuas tanami pohon buah-buahan di sekitar pertokoan

id Pemkab Kapuas tanami pohon buah-buahan di sekitar pertokoan, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kapuas, Kalteng

Pemkab Kapuas tanami pohon buah-buahan di sekitar pertokoan

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas Salman bersama sejumlah jajaran saat melakukan penanaman pohon di Kawasan Pertokoan Pasar Sanjaya, Jumat (10/6/2022). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melaksanakan aksi gerakan penanaman bibit pohon buah-buahan di sekitar kawasan pertokoan di pasar Sanjaya Jalan Ahmad Yani Kota Kuala Kapuas, sebagai upaya mengisi Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022.

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kapuas Salman disela penanaman pohon, Jumat, mengatakan adapun jenis bibit pohon yang ditanam yakni Matoa, Mangga, Rambutan, Kelengkeng, mahoni dan jenis lainnya.

"Nantinya ratusan pohon juga akan ditanam di tempat lain. Di sekitar pertokoan ini hanya secara simbolis sekaligus sebagai langkah melakukan penghijauan, khususnya di wilayah Kota Kuala Kapuas," ucapnya.

Dia menyebut wilayah Kalimantan dikenal sebagai paru-paru dunia, dan itu harus dijaga. Untuk itu, melalui penanaman itu, diharapkan masyarakat juga bisa ikut bersama-bersama menjaga dan merawat sebagai bentuk tanggungjawab bersama pohon yang sudah ditanam pihaknya tersebut.

"Harapan kita dengan adanya penanaman pohon ini, masyarakat sekitar dapat bertanggung jawab dalam merawat dan menjaga pohon-pohon yang sudah ditanam, sehingga dapat tumbuh dan memberikan manfaat untuk kita semua," kata Salman.

Baca juga: Pemkab Kapuas dukung kegiatan TMMD berkelanjutan

Sementara itu, kegiatan yang dimotori oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabuaten Kapuas ini, diikuti sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga Forum Kominikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) setempat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas, Kusmiyatie mengatakan, jumlah pohon yang ditanam ada sebanyak sebanyak 100 bibit pohon. Untuk dikawasan pertokoan pasar Sanjaya Jalan Ahmad Yani Kota Kuala Kapuas ini ada sebanyak 20 pohon.

"Totalnya ada seratus pohon yang kita tanam hari ini. Khusus di kawasan pertokoan Pasar Sanjaya ada sekitar dua puluh pohon yang ditanam," kata Kusmiyatie.

Baca juga: Diperlukan inovasi turunkan angka stunting di Kapuas

Baca juga: Pengembangan budi daya tanaman sehat di Kapuas capai 200 hektare