Raya wakili Katingan ke pemilihan Pemuda Pelopor Kalteng 2022

id Pemkab katingan, pemuda pelopor katingan, raya sadianor pemuda pelopor, kasongan, kamipang, katingan, kalteng

Raya wakili Katingan ke pemilihan Pemuda Pelopor Kalteng 2022

Pemuda Pelopor Katingan 2021 Irvan, Bertorius, Raya Sadianor (dari kiri ke kanan atas), Mega Lestari (kiri bawah) dan Analis Kebijakan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Katingan I Ketut Fourent Kusumba.  (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kasongan (ANTARA) -
Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Katingan Risnaduar melalui Analis Kebijakan I Ketut Fourent Kusumba mengatakan, Raya Sadianor akan mewakili kabupaten setempat ke ajang pemilihan Pemuda Pelopor Kalimantan Tengah 2022.
 
"Raya Sadianor merupakan perwakilan Kecamatan Kamipang. Mudah-mudahan dia berhasil mencapai prestasi yang terbaik," kata Ketut di Kasongan, Sabtu.
 
Dia menjelaskan Raya Sadianor adalah salah satu pemenang Pemuda Pelopor Katingan 2021. Dia terpilih dalam bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata.
 
Hanya saja pada tahun itu tidak sempat diikutkan dalam seleksi Pemuda Pelopor tingkat provinsi. Selain kualitas sumber daya manusia dan eksistensinya selama ini, Raya dipilih karena umurnya masih mencukupi.
 
"Kami telah tetapkan satu orang untuk mewakili Katingan. Hal itu menyesuaikan dananya yang dianggarkan hanya untuk satu orang pada tahun ini," terangnya.

Baca juga: Bupati Katingan optimistis target PAD Rp112 miliar tercapai
 
Dia menyampaikan pada perhelatan pemilihan Pemuda Pelopor Katingan 2021 terpilih empat nama. Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Bupati Katingan Nomor: 427/334 Tahun 2021 tanggal 16 Juni 2021 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Katingan 2021.
 
Pemilihan pemuda pelopor mencakup lima bidang kepeloporan pemuda yakni pertama pendidikan, kedua agama, sosial dan budaya, ketiga pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata, keempat pangan, serta kelima inovasi teknologi.
 
Empat orang yang terpilih adalah Irvan perwakilan Kecamatan Katingan Hilir dalam bidang kepeloporan pangan dan Bertorius dari Kecamatan Tewang Sangalang Garing untuk bidang inovasi teknologi.
 
"Kemudian Raya Sadianor dari Kecamatan Kamipang dalam bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata dan Mega Lestari perwakilan Kecamatan Katingan Kuala dalam bidang pendidikan," ujarnya.
 
Sementara itu saat dihubungi, empat Pemuda Pelopor Katingan 2021 dengan kompak menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Katingan khususnya kepada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan pemangku kepentingan lainnya atas terselenggaranya kegiatan itu.
 
Mereka mengaku bangga terpilih sebagai Pemuda Pelopor Katingan 2021. Penghargaan itu menjadi semangat tersendiri untuk terus berinovasi dan berdedikasi mengembangkan bidang yang ditekuni.
 
Masyarakat berharap kegiatan Pemuda Pelopor di Kabupaten Katingan dapat selalu terselenggara setiap tahunnya. Karena dirasakan bisa menjadi inspirasi dan motivasi pemuda-pemudi dalam pengembangan kapasitas diri di bidang yang diminati.

Baca juga: APBD Katingan 2021 surplus Rp16 miliar lebih

Baca juga: Patung Tjilik Riwut roboh, Sekda Katingan minta DPUPR lakukan pengecekan

Baca juga: Pengadilan kabulkan gugatan praperadilan tersangka penambang di kawasan hutan Katingan