Satlantas Polres Sukamara tingkatkan kampanye keselamatan berkendara

id Satlantas Polres Sukamara tingkatkan kampanye keselamatan berkendara, kalteng, sukamara, bhayangkara

Satlantas Polres Sukamara tingkatkan kampanye keselamatan berkendara

Kegiatan kampanye keselamatan berlalu lintas digelar Satlantas Polres Sukamara dalam memperingati Hari Jadi ke-76 Bhayangkara, Minggu (3/7/2022). ANTARA/Lalang

Sukamara (ANTARA) - Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Sukamara melaksanakan kampanye keselamatan jalan saat "car free day" dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-76 Bhayangkara di Lapangan Mini, Kabupaten Sukamara.

“Kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, sekaligus untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya mematuhi peraturan dalam berlalu lintas,” ucap Kapolres Sukamara AKBP Dewa Made Palguna melalui Kasat Lantas Iptu Dwi Agus Yustiaman di Sukamara, Minggu. 

Dikatakan, pada kegiatan tersebut juga diikuti oleh sejumlah komunitas motor, mobil serta komunitas sepeda yang ada di wilayah setempat. Peserta diajak untuk turut mengampanyekan kepada masyarakat terkait tertib berlalu lintas. 

“Selain memberikan pembinaan dan penyuluhan terkait tertib berlalu lintas kepada masyarakat yang hadir di car free day ini, kami juga melaksanakan kegiatan lomba mewarnai untuk anak-anak, senam aerobik, dan menampilkan atraksi dalam berkendara yang dilakukan oleh anggota Satlantas Polres Sukamara,” jelasnya.

Menurutnya, selain melakukan kampanye keselamatan, juga ada pemberian hadiah kepada masyarakat yang beruntung. Dia meminta masyarakat untuk terus menerapkan aturan dalam berkendara seperti memakai helm, kelengkapan surat-surat kendaraan, mempunyai surat izin mengemudi serta berkendara dengan aman.

Baca juga: Bupati ajak masyarakat tingkatkan kebersamaan wujudkan kesejahteraan semakin baik

“Hindari hal-hal yang berpotensi dapat mengakibatkan kecelakaan seperti berkendara melawan arus, tidak menggunakan helm, lalu berkecepatan tinggi yang bukan hanya dapat merugikan diri sendiri tetapi juga pengendara lainnya,” jelas Agus.

Pembinaan dan penyuluhan terus dilakukan serta sosialisasi yang secara gencar dilakukan pada setiap kesempatan kepada masyarakat. 

Hal itu diharapkan dapat memberikan kesadaran dalam tertib berlalu lintas saat menggunakan kendaraan serta sudah melengkapi surat-suratnya dan mematuhi mekanisme penggunaan kendaraan bermotor, penggunaan sabuk pengaman dan lainnya.

“Pada tiap kesempatan selalu kita lakukan sosialisasi dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas, guna menekan angka korban kecelakaan,” demikian Agus. 

Baca juga: Wabup Sukamara minta atlet Popprov tampil maksimal meraih prestasi

Baca juga: Kepala Kemenkum HAM Kalteng: Lapas Sukamara terbaik di provinsi ini

Baca juga: Kepala Kemenkum HAM Kalteng: Lapas Sukamara terbaik di provinsi ini