Mantan Komisioner dan Sekretaris KPU Kapuas ditetapkan jadi tersangka dugaan korupsi

id Kejari Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kapuas, Kalteng, Kepala Kajari Kapuas, Arif Raharjo, Korupsi di KPU Kapuas

Mantan Komisioner dan Sekretaris KPU Kapuas ditetapkan jadi tersangka dugaan korupsi

Kejari Kuala Kapuas, saat menggelar pers rilis penetapan tersangka perkara dugaan tindak pidana korupsi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas, Selasa (12/7/2022). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kejaksaan Negeri  Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, telah menetapkan dua orang tersangka perkara dugaan tindak pidana korupsi di Komisi Pemilihan Umum (KPU)  kabupaten setempat.

"Penetapan dua tersangka itu pada Senin (11/7), dan pemberitahuan dimulainya penyidikan sudah kami sampaikan ke yang bersangkutan, atas nama inisial O dan B," kata Kepala Kejari Kapuas Arif Raharjo kepada wartawan, di Kuala Kapuas, Selasa.

Penetapan tersangka tersebut disampaikan Kepala Kejari Kapuas Arif Raharjo didampingi Kasi Intel Amir Giri Muryawan, Kasi Pidsus Kiki Indriawan, Kasi Pidum T Ludong, pada pers rilis di Kejari  Jalan Ahmad Yani  Kuala Kapuas.

Dijelaskan dia, kedua tersangka yang ditetapkan tersebut, atas kasus tindak pidana korupsi dana hibah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalteng Tahun 2020.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Kuala Kapuas Kiki Indriawan menambahkan, bahwa tersangka berinisial O merupakan mantan Sekretaris KPU Kabupaten Kapuas, sedangkan B merupakan salah seorang komisioner KPU Kapuas periode 2018 - 2023.

Baca juga: Ditemukan dua sapi kurban di Kapuas terindikasi PMK

"Untuk ke depannya kami akan segera mempercepat proses penyidikan ini, sehingga tindakan-tindakan yang akan dilakukan ke depan mudah-mudahan bisa menuntaskan perkara ini, dan naik ke penuntutan. Kedua tersangka berinisial O dan B belum dilakukan penahanan," kata dia.

Sementara itu, dalam LHPKKN Nomor : PE.03.03/SR/LHP-182/PW15/5/2022 tanggal 03 Juni 2022, menyimpulkan dari hasil penghitungan kerugian keuangan negara dalam kasus dugaan tipikor penyimpangan penggunaan dana Tahapan Pemilihan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng yang bersumber Dana APBN Tahun Anggaran 2020 pada KPU Kabupaten Kapuas. Untuk kerugian negara adalah sebesar Rp1.672.685.841.

Baca juga: Atlet angkat berat asal Kapuas raih empat emas di kejurnas

Baca juga: Bupati minta semua pihak dukung Kapuas sebagai Kota Layak Anak