Sebanyak 30 pelaku usaha siap meriahkan Expo Bartim 2022

id Expo Bartim 2022, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Barito Timur, Bartim, Kalteng, Sekda Barito Timur, Panahan Moetar

Sebanyak 30 pelaku usaha siap meriahkan Expo Bartim 2022

Sekda Barito Timur Panahan Moetar saat memantau lokasi Stand pada Expo Bartim 2022 di Tamiang Layang, Selasa (19/7). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, bakal menggelar Expo Bartim 2022 dengan mengusung tema ekonomi kerakyatan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Sudah ada 30 pelaku usaha yang ikut memeriahkan Expo Bartim 2022," kata Sekda Barito Timur Panahan Moetar di Tamiang Layang, Selasa.

Dikatakan, Expo Bartim digelar sebagai rangkaian memperingati HUT Kabupaten Barito Timur ke-20 tahun. Pelaku usaha yang dilibatkan yakni pelaku usaha mikro kecil dan menengah serta pedagang kaki lima. Expo Bartim itu akan mengedepankan bazar dan pameran ekonomi kerakyatan. Kegiatan ini diharapkan ada geliat dan semangat pelaku UMKM dan pedagang kaki lima di Barito timur untuk bangkit kembali dari keterpurukan.

Panahan mengatakan para pelaku UMKM dan pedagang kaki lima di wilayah Kabupaten Barito Timur mengalami kesulitan karena ikut terdampak selama kurun waktu dua tahun terakhir di masa pandemi COVID-19.

Tidak hanya itu, kata Panahan, Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan menggelar acara Nansarunai Jajaka dan Hajat Bontang dan masuk dalam rangkaian hari jadi ke-20 Bartim

"Diperlukan adanya upaya-upaya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat," kata Panahan.

Panahan yang menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Hari Jadi Kabupaten Barito Timur ke-20, memantau dan meninjau pembangunan stand di lokasi Expo Bartim 2022 di Jalan Patianom, Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur.

Expo Bartim 2022 dilaksanakan selama satu bulan mulai 20 Juli hingga 9 Agustus 2022 dan pembukaannya akan dipimpin Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas pada Rabu (20/7) pukul 16.00 WIB.

Baca juga: 128 pejabat di Pemkab Bartim bersaing dalam seleksi terbuka

Plt Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Barito Timur, Berson menambahkan, tidak menutup kemungkinan pelaku usaha yang dilibatkan dalam Epo Bartim 2022 akan bertambah.

"Bisa bertambah karena masih ada pelaku UMKM dan pedagang kaki lima yang mau ikut mengisinya," kata Berson.

Selain menghadirkan produk-produk UMKM dan pedagang kaki lima, Expo Bartim 2022 ini juga menampilkan stand-stand yang diisi sejumlah OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Barito Timur. 

Stand OPD tersebut menampilkan kegiatan pembangunan yang sudah terlaksana di Kabupaten Barito Timur hingga 2021. Selain itu beberapa OPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat akan memberikan pelayanan di lokasi Expo Bartim 2022.

Baca juga: Pemkab Bartim segera atasi masalah penyetoran pajak aplikasi CMS pada Bank Kalteng

Baca juga: Pemkab Bartim bersama KPK petakan risiko korupsi

Baca juga: Bupati Bartim: ASN wajib mengerti visi dan misi daerah