Pawai 1 Muharam di Palangka Raya sempat diguyur hujan

id Pawai 1 Muharram 1444,Palangka Raya,Wali Kota Palangka Raya,Melepas Pawai Ta'aruf 1 Muharram ,Diguyur Hujan,Ribuan masyarakat Kota Palangka Raya meria

Pawai 1 Muharam di Palangka Raya sempat diguyur hujan

Wali Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah Fairid Naparin lepas ribuan peserta pawai ta'aruf memperingati 1 Muharram 1444 Hijriah yang dilaksanakan di Jalan Ais Nasution, Jumat (29/7/2022). ANTARA/Adi Wibowo      

Palangka Raya (ANTARA) - Ribuan warga Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah hadir memeriahkan pawai ta'aruf 1 Muharam 1444 Hijriah yang digelar Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kota setempat yang terpusat di Jalan Ais Nasution, meski sempat diguyur hujan. 

Kegiatan ini bermaksud untuk membangkitkan kembali semangat meraih takwa dan akhlak mulia, kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin di Palangka Raya, Jumat. 

"Maka dari itu saya menyampaikan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan Gebyar Muharam ini, dengan tertib, sportif dan semangat seraya mengharap ridha dan keberkahan dari Allah SWT," ujarnya.

Sementara itu di lokasi yang sama Ketua PHBI Kota Palangka Raya M Khemal Nasery menuturkan, bahwa peserta yang mengikuti kegiatan Lomba Gebyar Muharam dalam menyambut tahun baru Islam itu khususnya pawai ta'aruf kurang lebih 300 an peserta.

Peserta tersebut terdiri dari Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ada di Kota Palangka Raya.

"Itu juga sudah termasuk sejumlah instansi yang tergabung di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di seluruh Pemerintah Kota Palangka Raya," ucapnya.

Khemal mengungkapkan, panitia sebenarnya juga membatasi jumlah peserta karena apabila tidak dibatasi, maka peserta akan membludak dan lebih dari 300 an peserta.

Dalam lomba Gebyar Muharam ini tidak hanya pawai ta'aruf saja, melainkan juga ada beberapa perlombaan seperti mewarnai gambar, yel-yel, tari kreasi Islam, menggambar, busana muslim, POP religi, dai cilik serta ikrar santri puitisasi Al Qur'an.

Baca juga: Wali Kota ajak warga sukseskan program vaksinasi dosis penguat

"Kegiatan seperti ini tentunya sangat bermanfaat bagi kita semua, untuk mendekatkan diri Allah SWT dan tetap menjaga silaturahmi sesama," jelasnya.

Dari pantauan ANTARA di lapangan, ribuan peserta yang mengikuti pawai ta'aruf tersebut masing-masing menunjukkan kreativitasnya baik dari pakaian busana muslimnya, pernak pernik Islami seperti patung hewan unta terbuat dari kertas serta puluhan unit mobil hias dari sejumlah instansi yang ada di Pemkot Palangka Raya.

Hujan yang deras mengguyur lokasi pawai, tidak menyurutkan para peserta untuk menampilkan kreasi mereka di hadapan orang nomor satu di lingkup Pemkot Palangka Raya.

Kegiatan tetap berjalan lancar, setelah hujan yang mengguyur 'Kota Cantik' julukan Palangka Raya rendah sehingga semua peserta tetap semangat melintas di panggung podium yang dihadiri para pejabat yang ada di podium tersebut.

Baca juga: Kalteng dorong IKM kembangkan tujuan ekspor baru pada negara nontradisional

Baca juga: Palangka Raya juara umum MTQH XXX Kalteng

Baca juga: Seorang kakek di Palangka Raya melecehkan cucunya selama lima tahun