Sambut HKAN 2022, Balai TN Sebangau tanam pohon di lahan gambut

id btns,palangka raya,habaring hurung,penanaman pohonm bnf

Sambut HKAN 2022, Balai TN Sebangau tanam pohon di lahan gambut

Balai Taman Nasional Sebangau (BTNS) bersama mitra saat penanaman pohon di lahan gambut di wilayah Kelurahan Habaring Hurung, Kota Palangka Raya, Senin (8/8/2022). (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Balai Taman Nasional Sebangau (BTNS) bersama sejumlah mitra menanam bibit pohon di lahan gambut dalam rangkaian menyambut Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2022.

"Menyambut HKAN 2022, secara seremonial, hari ini di wilayah Kelurahan Habaring Hurung, Kota Palangka Raya kita tanam 200 bibit pohon endemik Kalimantan dan bibit buah," kata Kepala BTNS Andi M Khadafi di Palangka Raya, Senin.

Dia pun berharap, masyarakat sekitar juga dapat menjaga dan merawat bibit pohon yang baru saja ditanam, sehingga saat sudah produksi, hasilnya dapat dinikmati masyarakat setempat.

Dijelaskannya, penanaman bibit pohon dalam rangka pemulihan ekosistem di wilayah Taman Nasional Sebangau itu turut melibatkan masyarakat setempat serta pihak lain seperti Borneo Nature Foundation (BNF) Indonesia dan PT Pembangkitan Jawa-Bali Unit Bisnis Jasa Operasi dan Pemeliharaan, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PJB UBJOM PLTU) Pulang Pisau.

Pada penanaman di lahan gambut itu turut terlibat unsur Pemerintah Kota Palangka Raya, Kejaksaan Negeri setempat, mahasiswa, masyarakat serta siswa sekolah dasar di Kelurahan Habaring Hurung.

"Untuk bibit yang kita tanam merupakan kerja sama BTNS dengan BNF dan UPB UBJOM Pulang Pisau. Usai penanaman hari ini kita juga menargetkan penanaman kembali pada lahan BTNS dengan luas mencapai 41 hektare," kata Andi.

Baca juga: Konsorsium PBS didesak segera perbaiki jalan Kurun-Palangka Raya

Dia menerangkan, pada penanaman lahan seluas 41 hektare itu, BNF Indonesia akan menyediakan berbagai jenis bibit pohon dengan luas tanam mencapai 36 hektare. Sementara PJB UBJOM PLTU Pulang Pisau akan menyediakan berbagai bibit pohon untuk ditanam di lahan seluas lima hektare.

"Untuk luasan itu, kami perkirakan akan ada 30.000 bibit yang akan ditanam," kata Andi, usai pelaksanaan penanaman pohon di kawasan BTNS yang berbatasan langsung dengan kawasan eks transmigrasi di Kota Palangka Raya itu.

Ketua Yayasan (CEO) BNF Indonesia, Juliarta Bramansa Ottay mengatakan bibit pohon untuk kegiatan ini dilakukan pihaknya bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Kahayan dengan melibatkan masyarakat yang melakukan persemaian.

"Bibit yang ditanam merupakan pohon endemik Kalimantan seperti belangiran dan hanjalutung dan merupakan hasil persemaian yang dilakukan masyarakat," katanya.

Sehingga, lanjut dia, program pelestarian lingkungan juga sejalan dengan program pemerintah karena berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Manager PJB UBJOM PLTU Pulang Pisau Fuad Arifin mengatakan, pihaknya siap mendukung dan terlibat langsung dalam upaya konservasi lingkungan.

"Kami berkomitmen dalam mengelola lingkungan tetap lestari. Target kami saat ini menyediakan bibit pohon untuk ditanam di lima hektare lahan BTNS. Ke depan kerja sama pengelolaan lingkungan ini juga akan terus kita kembangkan," kata Fuad.

Baca juga: Sambut kemerdekaan RI ke-77, Ketua DPRD Palangka Raya bagikan bendera ke warga

Baca juga: KPID Kalteng gelar berbagai lomba presenter meriahkan HUT kemerdekaan

Baca juga: Warga diminta tingkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penyakit saat musim pancaroba