Bupati Pulang Pisau berangkatkan peserta Jambore Nasional

id Bupati Pulang Pisau berangkatkan peserta Jambore Nasional, kalteng, pulang pisau

Bupati Pulang Pisau berangkatkan peserta Jambore Nasional

Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang memberikan arahan kepada para peserta Jambore Nasional Kamis (11/8/2022). ANTARA/HO-Diskominfostandi Pulang Pisau 

Pulang Pisau  (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang mengingatkan kepada para Pramuka dari Kwartir Cabang Kabupaten Pulang Pisau yang dikirim mengikuti Jambore Nasional XI di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur Jakarta Timur untuk selalu menjaga nama baik kabupaten setempat. 

“Selain itu selalu tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga berangkat dengan sehat, kembali juga dalam keadaan sehat,” kata Pudjirustaty di Pulang Pisau, Kamis. 

Dikatakan Pudjirustaty, para pendamping peserta diharapkan selalu mengawasi para peserta dan menjaga dan terus membangun kekompakan selama dalam kegiatan Jambore Nasional tersebut. 

Kegiatan Jambore Nasional ini dapat dijadikan sebagai sarana bertemunya para penggalang untuk membentuk watak dan meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan serta meningkatkan rasa kebangsaan. 

Pengalaman, wawasan, dan pengetahuan yang didapat selama kegiatan selanjutnya bisa dikembangkan kepada para pramuka yang ada di kabupaten setempat. 

Baca juga: KKN Kebangsaan ajari kaum ibu pembuatan serundeng abon ikan

Ketua Kontingen Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Pulang Pisau Edy Purwanto Casmani mengungkapkan, peserta yang dikirim berasal dari enam Kwartir Ranting kecamatan dengan rincian Kwartir Ranting Kecamatan Kahayan Hilir sebanyak lima orang. 

Kwartir Ranting Maliku sebanyak tiga orang, Pandih Batu sebanyak dua orang, Kahayan Kuala sebanyak dua orang, Jabiren Raya sebanyak dua orang dan Kahayan Tengah sebanyak dua orang. 

Selain itu pendamping sebanyak dua orang dan pengurus Kwartir Gerakan Pramuka Cabang Pulang Pisau sebanyak empat orang yang keseluruhan sudah melaksanakan vaksinasi dosis lengkap. 

Dikatakan Edy Casmani, sebelum diberangkatkan mengikuti Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur Jakarta Timur, peserta telah mengikuti pembekalan sebanyak 12 kali pertemuan dengan materi disesuaikan dengan kegiatan yang nanti dilaksanakan. 

Menurutnya, keberangkatan peserta dialokasikan melalui anggaran yang dipikul bersama dari dana hibah, bantuan organisasi perangkat daerah dan orang tua. Para peserta berangkat pada tanggal 12 Agustus 2022 dari Bandara Syamsudinoor Banjarbaru dan dijadwalkan tiba pada 21 Agustus 2022. 

Baca juga: Bupati Pulang Pisau harapkan TPAKD perluas akses keuangan bagi masyarakat

Baca juga: PUPR Pulang Pisau: Penataan median jalan telah melalui kajian teknis

Baca juga: Peserta KKN Kebangsaan lakukan pengembangan limbah padi