PUPR Pulang Pisau: Penataan median jalan telah melalui kajian teknis

id PUPR Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Usis I Sangkai, PUPR Pulang Pisau, Kabupaten Pulang Pisau, Pulang Pisau, Kalteng, Pulpis

PUPR Pulang Pisau: Penataan median jalan telah melalui kajian teknis

Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Kabupaten Pulang Pisau, Ferdinand Yacob Vella. ANTARA/ Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Usis I Sangkai melalui Kabid Penataan Ruang Ferdinand Yacob Vella menegaskan, penataan median di ruas Jalan Panunjung Tarung dan Jalan Darung Bawan sebelumnya telah melalui kajian teknis.

Kajian teknis dilakukan bersama Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres dengan tujuan menekan pelanggar lalu lintas dan angka kecelakaan, kata  Ferdinand di Pulang Pisau, Selasa.

"Kami akui usulan tersebut memang baru bisa direalisasikan dalam penganggaran tahun 2022 ini," tambah dia.

Selain penataan median jalan di ke dua ruas jalan, tahun ini Dinas PUPR tahun juga mempercantik median Jalan Darung Bawan dengan membuat ‘vertical garden’ untuk menambah keindahan, sehingga pengguna jalan bukan hanya aman dalam berkendara tetapi juga nyaman.

"Meningkatnya jumlah kendaraan tentu banyak median jalan yang sudah tidak sesuai," terang Ferdinand.

Menurutnya, dalam penataan median jalan ini ada beberapa titik arah berputar yang ditutup karena dinilai membahayakan bagi pengguna jalan dan sudah tidak relevan dalam perkembangannya. Bahkan ada median arah putar kendaraan yang sudut lokasinya sempit sehingga perlu dilakukan pergeseran.   

Masih kata dia, dalam penataan median jalan di lingkungan Kota Pulang Pisau tentu telah melihat berbagai aspek. Diantaranya untuk median jalan yang tinggi dibuat tangga untuk memudahkan bagi para pejalan kaki menyeberang. 

Baca juga: Bupati Pulang Pisau ingatkan PPPK laksanakan tugas dan tanggung jawab

Terbatasnya anggaran yang tersedia, membuat dirinya berharap ada kerja sama dari pihak terkait dalam pemindahan rambu-rambu yang tidak sesuai agar pengguna jalan tidak bingung dan melengkapi marka-marka jalan yang dibutuhkan.

"Kontraktor pelaksana juga sudah ditekankan agar dalam melaksanakan pekerjaan di jalan protokol tidak mengabaikan keselamatan para pengguna jalan dan masyarakat sekitar dan memenuhi rambu-rambu peringatan untuk mencegah terjadinya kecelakaan di lokasi proyek," ucapnya.

Terkait dengan program penataan ruang Dinas PUPR lainnya, Ferdinand menjelaskan selain pembuatan ‘vertical garden’ di median Jalan Darung Bawan, ada beberapa penataan lainnya. Diantaranya  penambahan fasilitas area parkir di lingkungan gapura perbatasan Pulang Pisau-Kapuas dan Pulang Pisau-Palangka  Raya serta pengecatan gapura di Jalan Trans Kalimantan Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir.

Baca juga: Abadikan pahlawan penegak hukum, Jalan menuju food estate dinamai Jaksa Agung Suprapto

Baca juga: Dinas Kesehatan Pulang Pisau temukan 16 kasus teridentifikasi HIV/AIDS

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2022