Semangat lansia 'Kampung Baru' Palangka Raya meriahkan HUT RI ke-77

id Hut ri, kemerdekaan ri, lansia kambung baru palangka raya, kaum lanjut usia, palangka raya, kalteng

Semangat lansia 'Kampung Baru' Palangka Raya meriahkan HUT RI ke-77

Pelaksana kegiatan HUT RI ke-77, Holis Perdana (kaos kuning) bersama kaum lansia di Kampung Baru, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan lomba HUT RI ke-77, Rabu, (17/8/2022). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) -
Puluhan kaum lanjut usia (lansia) yang berada di Kampung Baru, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan lomba HUT RI ke-77.
 
Pelaksana kegiatan HUT RI ke-77, Holis Perdana di Palangka Raya, Rabu, mengatakan, dengan digelarnya kegiatan lomba ini, kami berharap bisa membangun kebersamaan yang kuat dan peduli dari para lansia yang ada di daerah itu.
 
"Digelarnya kegiatan ini adalah sebagai bentuk perhatian kami terhadap orang tua khususnya di wilayah Kampung Baru Kota Palangka Raya dan bertujuan untuk mengajak kemauan para ibu-ibu lansia untuk selalu hidup sehat dan berolahraga," kata pria yang juga tenaga kesehatan di sebuah maskapai penerbangan  dan pelatih senam lansia.
 
Perlombaan yang dilaksanakan diantaranya lomba jalan santai, pengucapan hari Kemerdekaan RI hingga senam bersama.
 
"Dengan memeriahkan HUT RI ke-77 ini, semoga dengan tema "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat" ini bisa terasa bagi kita semuanya untuk bisa bangkit," harap Holis Perdana.

Baca juga: 223 warga binaan Lapas Muara Teweh terima remisi
 
Menurut pria yang juga aktif di klub sepakbola Persepun FC ini, walaupun peserta sudah lansia, tetapi dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, para lansia sangat antusias dan bergembira ria hingga kelucuan pun terjadi antar lansia.
 
Semangat ini pun tidak mengenal usia. Kegembiraan yang ditunjukkan oleh ibu-ibu lansia dengan atribut bendera merah putih sangat meriah sekali. Semoga beliau-beliau selalu tetap samangat dan selalu diberikan kesehatan, kata pria murah senyum itu.
 
Sebelum kegiatan, kata Holis, para lansia terlebih dahulu di cek tensi serta kesehatan para puluhan lansia.
 
 Selain itu, kata warga Kampung Baru, Jalan Pepaya ini mengungkapkan bahwa ia siap mengabdikan dirinya untuk membantu para lansia dalam berolahraga setiap dua kali dalam satu minggu, sekaligus memberikan arahan-arahan tentang kesehatan diri.

Baca juga: Hujan 'warnai' upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI di Palangka Raya
 
“Mungkin karena terpanggil untuk membantu sesama, terutama para ibu-ibu lansia. Dan kegiatan ini tidak sama sekali dipungut bayaran. Kalau pun ada rejeki, kami siapkan vitamin untuk dibagi-bagikan setelah mengecek tensi dan senam. Apabila ada yang kurang fit atau berpotensi terserang penyakit,  maka kami sarankan untuk bisa langsung ke dokter atau ke rumah sakit terdekat,” katanya.
 
Holis Perdana menyampaikan, dari tahun 2017 ia memulai aktifitas ini, banyak pengalaman dan juga rasa ikhlas dan sabar yang didapatkan serta menjadi ilmu yang sangat bermanfaat terutama bagi keluarga kami dan kawan kawan yang sudah membantu, terutama dukungan kawan-kawan pemain Persepun FC yang membantu kegiatan positif ini.
 
Sementara itu, seorang lansia Diah, mengaku merasa nyaman dan bahagia bisa beraktifitas dan berkumpul dengan sesama lansia terutama dalam menjaga kesehatan, apalagi dirinya baru ikut bergabung dalam beberapa bulan terakhir.
 
“Saya merasa bersyukur dan bertambah semangat bisa ikut senam sehat ini serta beraktifitas bersama ibu-ibu lansia lainya dan tambah sehat," demikian Diah.

Baca juga: Peringati HUT RI, Bupati Gunung Mas minta masyarakat terus berkarya

Baca juga: Peringati HUT RI, Neo Palma bentangkan bendera merah putih di gedung hotel

Baca juga: 'Pelangi Nusantara' gambarkan keragaman Kalteng sebagai miniatur Indonesia

Baca juga: Gubernur Kalteng: Peringatan HUT RI momentum mempererat rasa kebersamaan