131 narapidana Rutan Palangka Raya terima remisi HUT RI

id Rutan Palangka Raya,Hut Ri,Palangka Raya,Kalteng,Remisi,131 narapidana Rutan Palangka Raya terima remisi HUT RI

131 narapidana Rutan Palangka Raya terima remisi HUT RI

Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Suwarto. ANTARA/HO

Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 131 narapidana (napi) menerima remisi umum 17 Agustus 2022 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dari Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

"Saya mengucapkan selamat kepada WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) yang telah menerima remisi ini," kata Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Suwarto melalui Kasi Pelayanan dan Tahanan, Hadi Prabowo, Kamis.

Hadi Prabowo mengatakan, dari 131 penerima remisi tersebut, sebanyak lima orang langsung bebas. Sedangkan untuk Remisi Umum-I ada 126 orang.

Selain itu, warga binaan yang memperoleh remisi umum 17 Agustus 2022 terkait PP No.99 Tahun 2012 sebanyak 47 orang dengan rincian kasus narkotika sebanyak 46 orang dan korupsi satu orang.

Berdasarkan data Per 16 Agustus 2022 jumlah warga binaan yang ada di Rutan Kelas IIA Palangka Raya sebanyak 396 orang dengan rincian tahanan ada 186 orang dan narapidana 210 orang. 

Ia menyebut bahwa remisi yang diberikan merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan diberikan kepada seluruh napi yang telah mengikuti program pembinaan dengan baik dan telah memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan perundang-undangan.
Kasi Pelayanan dan Tahanan, Hadi Prabowo (kanan) saat bersama warga binaan  Rutan Kelas IIA Palangka Raya. ANTARA/HO
 
Hadi berharap semoga remisi umum yang diberikan tersebut dapat menjadi motivasi bagi seluruh warga binaan untuk terus aktif mengikuti program pembinaan dan menjalani masa pidananya dengan baik, dan setelah kembali ke masyarakat dapat menjadi anggota masyarakat yang baik serta berpartisipasi aktif demi kemajuan pembangunan Indonesia. 

"Tidak ada kata terlambat pada akhirnya saudara dapat diterima kembali dengan baik oleh masyarakat," ucapnya.
 
Ia juga berpesan kepada masyarakat Indonesia agar dapat memberikan kesempatan bagi warga binaan yang telah bebas untuk diterima di lingkungan sosial.

"Terimalah mereka sebagai anak-anak bangsa, berikan kesempatan pada mereka untuk menunjukkan mereka adalah manusia-manusia yang telah berubah. Semoga dengan tema "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat" ini bisa terasa bagi kita semuanya," demikian Hadi Prabowo.