SMK di Kalteng jajaki kerja sama dengan dunia industri

id BBPPMPV BBL ,Palangka Raya,Kalteng,Disdik Kalteng,SMKN4 Palangka Raya,LKBN ANTARA Biro Kalteng

SMK di Kalteng jajaki kerja sama dengan dunia industri

Kepala SMKN-4 Palangka Raya, Kalimantan Tengah Susiawantiy (kiri) menyerahkan berkas kerjasama dengan karyawan LKBN ANTARA Ronny N Tumon disaksikan Kabag TU BBPPMPV-BBL Siti Anom dan perwakilan dari Disdik Kalteng Tito yang dilaksanakan di ruang rapat Disdik Kalteng, Selasa (7/5/2024). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri yang ada di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai jajaki kerja sama dengan dunia industri atau usaha.

Kabag Tata Usaha (TU) Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPV-BBL), Siti Anom, di Palangka Raya mengatakan, dengan adanya kerja sama antara SMK di Kalteng dengan industri atau dunia usaha tentunya akan lebih meningkatkan mutu peserta didik yang bersekolah di SMK setempat.

"Dengan adanya kerja sama antara SMK yang ada di Kota Palangka Raya dengan dunia usaha, tentunya pengembangan SMK akan terus terjalin dengan baik dan menumbuhkan sumber daya manusia (SDM) yang baik pula untuk daerah," katanya.

Dia menuturkan, dunia dunia pendidikan di Kalteng tentunya harus terus dipadukan dengan dunia usaha dan industri yang ada di daerah setempat, tidak lain adalah menjalin kerja sama.

Baca juga: NasDem: Tidak ada jalur khusus pendaftaran Pilkada 2024

Melalui langkah ini nantinya lulusan dari SMK benar-benar dapat dimanfaatkan di dunia kerja, dunia usaha di provinsi yang memiliki luas dua kali dari Pulau Jawa itu.

"Kita harus akui masih banyak lulusan SMK yang memiliki skill dalam keterampilan belum bekerja. Maka dari itu dengan bekerja sama dengan dunia kerja di provinsi setempat, perusahaan bisa menggunakan keterampilan mereka untuk dipekerjakan di perusahaan yang ada," ungkapannya.

Sementara itu Kepala SMKN-4 Palangka Raya, Susiawantiy yang menandatangani kerja sama antara sekolahnya dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Kalimantan Tengah mengatakan, bahwa pihak sekolah sangat senang melakukan kerja sama dengan dunia usaha terutama di bidang jurnalistik dan multimedia.

"Semoga adanya kerja sama antara SMKN 4 Palangka Raya dan LKBN ANTARA Kalteng membuat motivasi peserta didik kami tambah bagus dalam mengasah kemampuan skill di bidang sesuai dengan jurusan yang mereka ambil di SMKN 4 ini," demikian Susiawantiy.

Baca juga: DLH ajak masyarakat Palangka Raya lebih aktif jaga ekosistem gambut

Baca juga: Gerindra siap berkoalisi di Pilkada Palangka Raya

Baca juga: Pemkot Palangka Raya perkuat kolaborasi penanganan stunting