Pemkab Kobar bantu pelaku UMKM optimalkan digitalisasi

id Pemkab kobar, kadiskominfo kobar roby iskandar, digital enterpreneur, usaha digital, digitalisasi, literasi digital, pangkalan bun, kotawaringin barat

Pemkab Kobar bantu pelaku UMKM optimalkan digitalisasi

Kadis Kominfo Kobar Rody Iskandar memberikan materi pada pelatihan digital enterpreneur di Pangkalan Bun, Rabu (31/8/2022). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rody Iskandar membuka pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang diselenggarakan BPSDMP Kominfo Banjarmasin bekerja sama dengan pemkab. 
 
Rody di Pangkalan Bun, Rabu, mengapresiasi adanya program pelatihan dari Kementerian Kominfo ini, yang tentunya sangat bermanfaat bagi pelaku usaha di kabupaten setempat.
 
"Digital enterpreneur seperti ini memang sangat dibutuhkan pelaku UMKM dalam mempersiapkan SDM unggul dalam berwirausaha barasaskan digital," katanya.
 
Dikatakannya, dunia digital merupakan sumber daya baru yang sangat potensial dalam pengembangan bisnis, karena lebih cepat, lebih mudah, dan lebih terjangkau bagi semua kalangan. 
 
"Tentu dengan berwirausaha melalui dunia digital ini jangkauannya lebih jauh, malah hingga ke seluruh dunia, " terang Rody.

Baca juga: Setiap hari 100 ekor sapi di Kobar divaksinasi cegah PMK
 
Namun tidak sampai di sini saja, dikatakan Rody, pihaknya dengan instansi terkait seperti Dinas Pariwisata dan lainnya akan terus melakukan pengawasan terhadap peserta-peserta yang sudah mengikuti pelatihan ini. 
 
"Kami berharap kerja sama seperti ini akan terus berjalan, selain itu para pelaku usaha di Kobar lebih melek dengan digital, khususnya dalam mempromosikan produk-produk UMKM mereka," terangnya.
 
Azizah, salah satu peserta sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan seperti ini dan berharap dengan adanya pelatihan ini bisa lebih mengembangkan usahanya. 
 
"Lebih sering saja melaksanakan kegiatan seperti ini, selain mendapat ilmu, kita juga bisa saling berbagi dan bahkan bisa mendapat mitra usaha," jelasnya.
 
Kegiatan yang mengambil tema 'Dasar-Dasar Kewirausahaan Digital' ini dilaksanakan selama dua hari, yakni 31 Agustus-1 September di Hotel Brits Kota Pangkalan Bun dan diikuti oleh 100 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok.

Baca juga: TN Tanjung Puting jadi habitat burung terlangka di dunia

Baca juga: Tidar FC juara Agustiar Sabran Cup 2022 Kotawaringin Barat

Baca juga: Beri keterangan palsu, seorang wanita di Kobar ditangkap polisi