Gubernur Kalteng raih penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022

id Gubernur kalteng raih penghargaan kepala daerah inovatif, kdi, sugianto sabran, disdagperin kalteng, aster bonawaty, tokokaltengberkah, e-commerce, pl

Gubernur Kalteng raih penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyerahkan penghargaan Kepala Daerah Inovatif tahun 2022 kategori ekonomi kepada Gubernur Sugianto Sabran yang diwakili Kepala Disdagperin Kalteng Aster Bonawaty di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis, (22/9). (ANTARA/HO-Disdagperin Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif tahun 2022 kategori ekonomi yang diberikan MNC Portal Group.

"Penghargaan ini diterima atas upaya gubernur membangkitkan industri kecil menengah (IKM) maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bersama Dekranasda yang menginisiasi tokokaltengberkah.com," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng Aster Bonawaty di Palangka Raya, Sabtu.

Adapun penghargaan Kepala Daerah Inovatif tahun 2022 ini disampaikan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar kepada Kepala Disdagperin Kalteng Aster Bonawaty yang mewakili Gubernur Sugianto Sabran pada Kamis (22/9) lalu di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Aplikasi e-commerce "tokokaltengberkah.com" yang telah dibangun ini di antaranya memfasilitasi para pelaku IKM dan UMKM di Kalteng dalam memasarkan produknya. Tak hanya kepada masyarakat di Kalteng namun juga bisa diakses masyarakat dari berbagai daerah lainnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng beri ruang bagi anak berpartisipasi dalam pembangunan

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran mengatakan, peluncuran e-commerce tokokaltengberkah.com untuk mendukung penjualan produk milik para perajin dan pelaku IKM maupun UMKM.

"Pengembangan tokokaltengberkah.com ini didukung sepenuhnya oleh pemprov khususnya Gubernur Sugianto Sabran," katanya.

Masyarakat bisa mengakses tokokaltengberkah.com dan mencari berbagai produk perajin dan IKM Kalteng, mulai dari herbal, ragam kerajinan, makanan, aksesoris, tas, batik, hingga batik.

Tak hanya berkaitan tentang promosi dan jual beli produk milik perajin dan IKM, dalam e-commerce ini dalam pengembangannya juga menyediakan informasi lainnya, seperti informasi seputar pariwisata daerah.

"Selain itu, tahun ini Dekranasda juga fokus dalam pembinaan kepada perajin dan IKM, baik melalui pelatihan, bimbingan teknis, serta promosi," tuturnya.

Baca juga: Menteri PPPA ajak cegah perkawinan anak untuk menekan stunting

Baca juga: Wagub Kalteng: DRPPA upaya mewujudkan pembangunan berkesetaraan

Baca juga: Menteri PPPA harapkan model DRPPA di Kalteng mampu direplikasi