Menteri PPPA harapkan model DRPPA di Kalteng mampu direplikasi

id Menteri pppa bintang puspayoga, menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, desa ramah perempuan dan peduli anak, drppa, desa bukit liti, ka

Menteri PPPA harapkan model DRPPA di Kalteng mampu direplikasi

Deklarasi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) sekaligus peringatan Hari Anak Nasional di Desa Bukit Liti, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis, (22/9/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Pulang Pisau (ANTARA) -
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan, model Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan dapat direplikasi oleh para bupati dan wali kota.
 
"DRPPA merupakan program yang menyentuh hingga 'akar rumput' yang dapat memberi manfaat langsung bagi perempuan dan anak," katanya di sela deklarasi DRPPA bebas stunting dan peringatan Hari Anak Nasional di Desa Bukit Liti, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis.
 
Empat desa di Kalimantan Tengah yang menjadi model DRPPA meliputi Bukit Liti Kecamatan Kahayan Tengah dan Desa Mekar Jaya Kecamatan Sabangau Kuala di Kabupaten Pulang Pisau, serta Seragam Jaya Kecamatan Seranau, dan Tumbang Bajanei Kecamatan Telaga Antang di Kabupaten Kotawaringin Timur.
 
DRPPA merupakan desa berperspektif gender dan hak anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan, sesuai dengan visi  pembangunan Indonesia.
 
"Empat model DRPPA ini kami harap bagaimana sinergi yang dibangun kepala desa bersama berbagai pihak, termasuk para tokoh, hingga dunia usaha," jelasnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng beri ruang bagi anak berpartisipasi dalam pembangunan
 
Bintang Puspayoga mengatakan, apabila pada suatu desa terdapat sektor usaha maju pada sektor pertambangan, perkebunan maupun lainnya, hal ini sangatlah strategis agar dapat mendorong pelaku usaha menjadi 'Bapak Asuh' dari DRPPA.
 
"Dengan adanya 'Bapak Asuh' ini tentu juga akan mendukung dan mempercepat terwujudnya model Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang pada akhirnya bisa direplikasi daerah," ujarnya.
 
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan, pemerintah provinsi berkomitmen meningkatkan kesetaraan gender pada berbagai bidang pembangunan, serta perlindungan terhadap perempuan dan anak.
 
"Komitmen tersebut akan diwujudkan salah satunya melalui Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini," tegasnya.

Baca juga: LPDB-KUMKM dorong koperasi di Kalteng optimalkan pemanfaatan dana bergulir

Baca juga: Pemprov Kalteng dorong Forum Petani Sawit Mandiri siapkan 'roadmap'

Baca juga: Pemprov Kalteng manfaatkan museum perkaya pengetahuan sejarah generasi muda