'Posyandu Akbar' Kelurahan Beriwit perkuat upaya pencegahan stunting

id Pemkab murung raya, posyandu akbar kelurahan beriwit, bupati murung raya perdie m yoseph, lynda kristiane, stunting, puruk cahu

'Posyandu Akbar' Kelurahan Beriwit perkuat upaya pencegahan stunting

Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph bersama Ketua TP-PKK Lynda Kristiane meneteskan vaksin polio kepada balita peserta Posyandu Akbar Kelurahan Beriwit, Puruk Cahu, Sabtu, (1/10/2022). (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) -
Ratusan balita mengikuti kegiatan Posyandu Akbar yang digelar oleh Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu.
 
Acara yang dilaksanakan di Gedung Futsal Tana Malai Tolung Lingu di Kota Puruk Cahu tersebut diapresiasi Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph saat menghadiri sekaligus membuka kegitan Posyandu Akbar tersebut.
 
"Dua periode saya menjadi bupati, baru kali ini ada kelurahan yang menyelenggarakan kegiatan Posyandu Akbar. Tentu ini saya anggap sangat baik dan mengapresiasi terlaksananya Posyandu Akbar ini," ujar Perdie.
 
Dikatakannya, kegiatan Posyandu Akbar tersebut diharapkan bisa menjadi akses bagi kader Posyandu di Kelurahan Beriwit untuk melakukan pendataan terhadap para balita guna mencegah terjadinya kasus stunting.
 
Perdie juga sudah menginstruksikan Dinas Kesehatan melakukan pendataan balita di seluruh wilayah, baik di desa-desa, kelurahan hingga kecamatan terhadap potensi kasus stunting.
 
"Petugas kesehatan yang berada di Pustu hingga Puskesmas saya intruksikan menjadi garda terdepan kita mencegah kasus stunting," tuturnya.

Baca juga: Bupati Murung Raya ingatkan Kades dan BPD harus terus bersinergi
 
Sementara itu Ketua Panitia Posyandu Akbar yang juga Lurah Beriwit, Khalid Ilmi dalam laporannya mengatakan, tujuan terselenggaranya kegiatan ini untuk meningkatkan peran kader posyandu, serta lebih menyadarkan masyarakat pentingnya imunisasi terhadap tumbuh kembang anak.
 
"Tujuan lainnya tentu saja mencegah stunting dan ajang silaturahmi lintas sektoral dalam rangka mewujudkan Murung Raya yang bebas stunting," papar Khalid.
 
Dalam acara Posyandu Akbar yang diikuti lima Posyandu di Kelurahan Beriwit tersebut, Khalid menjelaskan, juga didirikan posko untuk sosialisasi maupun penyuluhan kesehatan balita maupun ibu.
 
"Kita siapakan penyuluhan KB, sosialisasi tentang stunting. Selain itu panitia siapakan makanan tambahan, melakukan penilaian dan memberikan hadiah terhadap kader Posyandu terbaik," tutupnya.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua II DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin, Kajari Murung Raya Kosasih, Wakapolres Murung Raya Kompol Muzakkir Muchlis serta sejumlah kepala OPD.

Baca juga: RSUD Puruk Cahu komitmen berikan layanan terbaik bagi peserta JKN

Baca juga: Segera lakukan perekrutan, Bawaslu Mura paparkan syarat jadi panwascam