Pemkab Gumas siapkan subsidi pakan bagi peternak ayam petelur

id Subsidi pakan ternak gunung mas, peternak ayam petelur, pemkab gunung mas, bupati gunung mas jaya s monong, kuala kurun, gunung mas, gumas

Pemkab Gumas siapkan subsidi pakan bagi peternak ayam petelur

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong. (ANTARA/HO-Protokol dan Perjalanan Setda Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengatakan pemerintah kabupaten menyiapkan subsidi pakan ternak, bagi sejumlah peternak ayam petelur di wilayah setempat.
 
“Subsidi pakan ternak yang diberikan bagi sejumlah peternak ayam petelur ini bertujuan untuk menangani terjadinya inflasi,” ucapnya saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Jumat.
 
Selain itu, subsidi tersebut selaras dengan salah program unggulan dirinya dan Wakil Bupati Efrensia LP Umbing yakni smart agro atau pertanian yang unggul dalam arti luas.
 
Menurut dia, guna menangani inflasi Distan Gunung Mas mendapat kucuran anggaran sekitar Rp400 juta, yang dialokasikan untuk bantuan subsidi pengembangan cabai rawit serta subsidi pakan ternak ayam.
 
Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas ini menyebut, untuk bantuan subsidi pengembangan cabai rawit dianggarkan sekitar Rp250 juta dan sisanya untuk subsidi pakan ternak ayam.
 
“Saya minta kepada petani dan peternak yang menjadi sasaran program ini agar benar-benar memanfaatkan bantuan. Jika sudah panen, segera berkoordinasi dengan Distan Gunung Mas,” kata Jaya.

Baca juga: Sekda Gunung Mas dorong pemanfaatan RPH secara optimal
 
Terpisah, Kepala Distan Gunung Mas, Letus Guntur mengatakan subsidi pakan ternak ayam akan segera disalurkan kepada sejumlah peternak ayam petelur di wilayah setempat.
 
Dengan adanya subsidi pakan ternak, sambung mantan Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Gunung Mas ini, nantinya peternak ayam petelur diharap juga memberi subsidi saat menjual telur kepada masyarakat luas.
 
Letus yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Gunung Mas berharap kontribusi nyata dari seluruh pihak, termasuk petani ayam petelur, agar inflasi dapat terkendali.
 
“Peternak ayam petelur yang menjadi sasaran program subsidi pakan ternak sudah kami data. Dalam waktu dekat rencananya subsidi tersebut akan segera kami salurkan,” demikian Letus.

Baca juga: Bawaslu ajak kaum perempuan di Gunung Mas turut awasi Pemilu 2024

Baca juga: Sekda tegaskan pemkab terus pacu pembangunan pangan dan gizi di Gunung Mas

Baca juga: Pemkab Gunung Mas siapkan Rp3,8 miliar untuk tangani inflasi