Seluruh atlet Pra Popnas Kalteng terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan

id atlet Pra Popnas Kalteng terlindungi BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan, Popnas Kalteng, kalimantan tengah, Popnas kalimantan tengah, Kalteng

Seluruh atlet Pra Popnas Kalteng terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan

Penyerahan secara simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk para atlet Pra Popnas di Palangka Raya, Rabu (26/10/2022). ANTARA/HO-BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya.

Palangka Raya (ANTARA) - Seluruh atlet Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang akan berlaga pada Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) zona III di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terlindungi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK.

"Perlindungan ini kami berikan agar para atlet Pra Popnas semakin fokus dan maksimal dalam pertandingan. Hal ini karena adanya jaminan terhadap segala bentuk risiko selama para atlet mengikuti Pra popnas," kata Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin di Palangka Raya, Kamis.

Secara simbolis, kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan itu diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalteng Hamka dan Kepala BPJAMSOSTEK Palangka Raya Budi Wahyudi di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (26/10) lalu.

Adapun jumlah kontingen Kalteng pada Pra Popnas berjumlah 226 orang. Terdiri dari 80 atlet putra dan 51 atlet putri, 14 pelatih putra dan sembilan pelatih putri.

Kemudian 14 official putra dan enam official putri, delapan wasit pria, enam tenaga kesehatan, enam petugas bidang konsumsi dan 31 petugas pendamping dari kabupaten dan kota.

Pada Pra Popnas Banjarmasin yang dilaksanakan pada 26 Oktober sampai 2 November 2022 itu, ada delapan cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni bola basket, bola voli indoor, bulu tangkis, pencak silat, sepak bola, sepak takraw, tinju dan tenis lapangan.

Nuryakin saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyampaikan, pihaknya merasa bangga karena karena dapat berkumpul dengan duta-duta olahragawan muda Kalteng yang bertanding dan berlomba pada Ppra Popnas Zona III Tahun 2022.

"Atas nama Pemprov Kalteng, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah kabupaten/kota se-Kalteng dan Dispora Kalteng mempersiapkan para atlet, pelatih, official, manager dan seluruh kontingen untuk berpartisipasi mengikuti PRA POPNAS di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru," katanya.

Baca juga: BPJS Kesehatan-BPJAMSOSTEK siap optimalkan jaminan sosial di Kalteng

Pihaknya pun berharap momentum kegiatan itu dapat dijadikan perbaikan, penyempurnaan dan evaluasi keolahragaan yang kelak mengangkat prestasi dan pembinaan olahraga Kalteng.

Nuryakin juga mengajak, seluruh elemen masyarakat terus membangun semangat gotong-royong untuk bersama-sama membangun Kalteng.

"Saya mengucapkan selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas dan bawalah nama Kalteng menjadi harum dengan prestasi – prestasi yang nantinya akan kalian ukir,” kata Nuryakin.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya Budi Wahyudi, mengatakan, peserta BPJAMSOSTEK tidak hanya karyawan yang bekerja di perusahaan saja (penerima upah), namun juga kepesertaan pekerja mandiri (bukan penerima upah) seperti perlindungan pada atlet Pra Popnas.

Menurut dia, seluruh warga negara Indonesia yang bekerja, baik itu petani, pedagang, tukang ojek, sampai atlet olahraga yang berisiko berat bisa mendaftarkan dirinya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Para atlet Kalteng yang telah terlindungi Jamsostek, saat berkompetisi di Pra Popnas tidak perlu merasa khawatir akan keselamatannya, sehingga dapat memberikan performa terbaiknya," kata Budi.

Baca juga: Presiden: BSU untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan gandeng Primaya Hospital luncurkan layanan Ortotik Prostetik

Baca juga: Harpelnas, BPJS Ketenagakerjaan bagikan souvenir dan senam bersama