Sambut IKN, DPRD Kalteng minta penguatan SDM dan infrastruktur terus dioptimalkan

id Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Jimmy Carter, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, ikn nusantara, ikn

Sambut IKN, DPRD Kalteng minta penguatan SDM dan infrastruktur terus dioptimalkan

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Jimmy Carter. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Jimmy Carter mengingatkan sekaligus meminta pemerintah provinsi melalui organisasi perangkat daerah, agar terus bersiap dan berbenah dalam menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang rencananya akan dikukuhkan pada tahun 2024.

Persiapan yang harus terus dilakukan dan dioptimalkan adalah peningkatan kapasitas serta kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dapat berperan aktif sekaligus berkompetisi di IKN Nusantara, kata Jimmy di Palangka Raya, kemarin.

"Infrastruktur dari dan menuju IKN Nusantara pun harus terus dibenahi bahkan diprioritaskan oleh pemda di Kalteng. Itu penting dalam mendukung provinsi ini sebagai daerah penyangga IKN," tambahnya.

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya itu, keberadaan IKN Nusantara di wilayah Provinsi Kalimantan Timur, memiliki dampak besar terhadap ekonomi, sosial, budaya dan lainnya bagi provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini.

Jimmy mengatakan, Kabupaten Barito Utara berbatasan langsung dengan IKN Nusantara, sehingga perbaikan dan pembenahan infrastruktur jalan maupun jembatan menjadi hal yang penting bahkan prioritas untuk saat ini. Sebab, melalui infrastruktur itulah, masyarakat Kalteng dapat bersaing sekaligus meningkatkan perekonomian dengan adanya IKN Nusantara.

Baca juga: Intensitas hujan tinggi, masyarakat Kalteng diminta waspadai banjir dan tanah longsor

"Itulah kenapa saya mendorong pemda di Kalteng terus meningkatkan SDM maupun infrastruktur dari dan menuju IKN. Dengan begitu, Kalteng siap berkontribusi sekaligus mampu menjadi daerah penyangga IKN," kata dia.

Politisi Partai Demokrat itu meyakini bahwa masyarakat Kalteng mampu berkontribusi dan bersaing di IKN Nusantara. Hanya, diperlukan komitmen dan keseriusan dari pemda di Kalteng untuk terus memperkuat SDM dan berbagai fasilitas lainnya.

"Terpenting itu pemerintah provinsi bersama kabupaten/kota di Kalteng saling membantu dan mendukung hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi IKN Nusantara," demikian Jimmy.

Baca juga: Jadi uang tambahan, masyarakat Kalteng diajak tak membuang minyak goreng bekas

Baca juga: DPRD Kalteng dorong penambahan anggaran di Dinas Perpustakaan