Gubernur apresiasi Pemkab Sukamara sigap tangani banjir

id Pemprov kalteng, pemkab sukamara, gubernur kalteng, sugianto sabran, banjir sukamara, banjir kalteng, bencana alam, sukamara, kalteng, kalimantan teng

Gubernur apresiasi Pemkab Sukamara sigap tangani banjir

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mendengarkan paparan Bupati Sukamara Windu Subagio tentang pemetaan dan penanganan banjir, (29/10). (ANTARA/Ho-Diskominfosantik Kalteng)

Sukamara (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Sukamara yang tanggap dan sigap dalam melakukan penanganan banjir yang terjadi di daerahnya.



"Kabupaten yang siap penanganan banjir ada di Sukamara. Mereka punya posko terpadu penanganan banjir, serta regulasi pemetaan pendistribusian bantuan yang jelas,” kata Sugianto dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Minggu.



Dia juga mengapresiasi komitmen Pemkab Sukamara dalam penanganan pasca banjir dengan kembali menyalurkan bantuan termasuk penanganan kesehatan.



Adapun dalam rangkaian peninjauan banjir di Sukamara, di antaranya Gubernur Kalteng beserta jajaran mengecek kondisi Posko Terpadu Penanganan Banjir dan dilanjutkan blusukan ke pasar hingga dapur umum.



Dalam rangkaian kunjungannya tersebut, tampak kedatangan gubernur disambut antusias oleh warga dan mereka pun saling berinteraksi. Gubernur juga memberikan sejumlah bantuan tunai pribadi kepada mereka.



"Pemerintah provinsi dan kabupaten wajib menjamin kebutuhan warga yang terdampak, hingga pasca banjir atau pemulihan nanti,” ucap Sugianto menyemangati warga.



Kemudian gubernur saat meninjau dapur umum di Kelurahan Padang, juga memberikan bantuan sebesar Rp35 juta secara pribadi untuk membantu meringankan beban warga terdampak banjir.



Sementara itu, sebelumnya, usai memimpin apel gabungan dan penyerahan bantuan sosial Pemprov Kalteng untuk penanganan bencana banjir, gubernur juga menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT-BBM) untuk Sukamara sebanyak 600 KPM, dengan nilai bantuan per KPM Rp600.000.



Selain itu diserahkan Bantuan Langsung Tunai DBH-DR Kalteng 2022 untuk Kabupaten Sukamara sebanyak 200 KPM dengan total nilai bantuan Rp200 juta.



Berdasarkan data Satgas Penanganan Banjir Darurat Kalteng periode 27 Oktober 2022, tercatat 4.055 KK atau 15.040 jiwa yang tersebar di lima kecamatan dan 32 desa/kelurahan di Sukamara terdampak banjir. Dilaporkan, 255 KK atau 819 jiwa yang mengungsi akibat tinggi air 50-60 centimeter.