Dua kebakaran dalam sehari, masyarakat diimbau tingkatkan kewaspadaan

id Dua kebakaran dalam sehari, masyarakat diimbau tingkatkan kewaspadaan, kalteng, kotim, Sampit, Kotawaringin Timur

Dua kebakaran dalam sehari, masyarakat diimbau tingkatkan kewaspadaan

Petugas Disdamkarmat Kotim memadamkan kebakaran empat barak di Sampit, Rabu (2/11/2022) pagi. ANTARA/HO-Disdamkarmat Kotim

Sampit (ANTARA) - Kebakaran terjadi di dua lokasi di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada pagi dan siang hari tadi. 

"Hari ini terjadi kebakaran di dua lokasi. Kami mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Timur, Hawianan di Sampit, Rabu. 

Dua kebakaran tersebut terjadi di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Kejadiannya diperkirakan hanya berselang sekitar satu jam. 

Kebakaran pertama terjadi di Jalan DI Pandjaitan Gang Kelapa sekitar pukul 10.00 WIB. Kebakaran terjadi pada sebuah bangunan yang terdiri empat kamar barak.

Kebakaran terjadi saat penghuni barak sedang tidak ada di rumah. Di antara mereka baru mengetahui terjadi kebakaran ketika ada yang kembali ingin mengambil barang yang tertinggal. 

Baca juga: Rujab Bupati Kotim dipadati ratusan anak antre disunat

Kebakaran membuat warga setempat panik dan berusaha memadamkan agar api tidak meluas. Kebakaran akhirnya berhasil dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran berdatangan ke lokasi kejadian. 

Berselang satu jam kemudian, kebakaran terjadi di sebuah perumahan di Jalan Pelita Barat Kelurahan Mentawa Baru Hilir. Di lokasi ini, kebakaran pada sebuah rumah warga itu diduga dipicu kebocoran gas. 

Petugas pemadam kebakaran yang mendapat laporan, bergerak cepat ke lokasi kejadian dan memadamkan kebakaran. Kebakaran bisa dengan cepat dipadamkan sehingga tidak sampai meluas. 

Tidak ada korban jiwa dalam dua kebakaran tersebut. Namun ini perlu menjadi perhatian bersama dalam rangka pencegahan. 

"Untuk penyebab kebakaran, tentu polisi yang berwenang menyelidikinya. Kami hanya mengimbau dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan berupaya mencegah kebakaran yang bisa dipicu oleh api di dapur maupun korsleting listrik. Kita berupaya mencegahnya," demikian Hawianan. 

Baca juga: Pemkab Kotim hibahkan dana dukung kesuksesan pemilu