Pemkab Kotim hibahkan dana dukung kesuksesan pemilu

id Pemkab Kotim hibahkan dana dukung kesuksesan pemilu, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, bupati kotim, Halikinnor, KPU kotim, siti Fathonah Pu

Pemkab Kotim hibahkan dana dukung kesuksesan pemilu

Bupati Halikinnor dan Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih menandatangani berita acara hibah dana dari pemerintah daerah untuk mendukung pelaksanaan pemilu, Senin (31/10/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menghibahkan dana kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk mendukung kesuksesan pemilu serentak 2024 mendatang. 

"Kami menyadari betul bahwa permintaan dari KPU tidak bisa sepenuhnya kami penuhi karena keterbatasan anggaran, imbas pandemi COVID-19. Tapi karena ini penting makanya tetap kami bantu semaksimal mungkin," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Rabu. 

Penandatanganan berita acara hibah tersebut sudah dilaksanakan di aula rumah jabatan bupati pada Senin (31/10) lalu. Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Halikinnor dengan Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih. 

Menurut Halikinnor, penyelenggara pemilu perlu mempersiapkan segala sesuatunya sebelum kegiatan dimulai, mulai anggaran, infrastruktur dan koordinasi dengan semua pihak. Langkah ini untuk minimalisir munculnya permasalahan. 

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur berkomitmen membantu KPU, namun tentu sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. Hibah daerah tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian dan dukungan pemerintah untuk mendukung tugas kepemiluan dalam pelaksanaan tahapan.

Baca juga: KPPN Sampit paparkan kinerja pelaksanaan APBN dan APBD

Halikinnor berpesan kepada KPU agar menggunakan anggaran hibah daerah ini sesuai dengan peruntukannya dan mengacu pada aturan yang berlaku. Penggunaan anggaran tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan dengan baik sesuai aturan. 

"Oleh karena itu, semoga dukungan yang diberikan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi KPU dan masyarakat, khususnya demi kesuksesan penyelenggaraan pemilu," demikian Halikinnor. 

Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, khususnya bupati yang selama ini selalu mendukung KPU dalam melaksanakan tahapan pemilu. 

"Hibah yang kami terima sebesar Rp232.198.000. Kami berterima kasih karena ini akan sangat membantu dalam pelaksanaan tahapan-tahapan di lapangan," ujar Siti Fathonah. 

Dijelaskannya, saat ini tahapan pemilu memasuki tahapan verifikasi faktual keanggotaan. Anggota KPU langsung melaksanakan verifikasi faktual ke seluruh kecamatan, kelurahan dan desa. 

Peran pemerintah daerah sangat membantu. KPU juga berharap dukungan camat dan jajarannya untuk membantu tahapan pemilu, termasuk dalam hal pendaftaran PPK dan PPS. 

"Terima kasih juga kepada pemerintah daerah yang membantu sosialisasi sehingga sangat membantu kami dalam menginformasikan kepemiluan kepada masyarakat sehingga diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih serta pemilih yang cerdas sehingga menghasilkan wakil rakyat dan kepala daerah yang berkualitas," demikian Siti Fathonah. 

Baca juga: Perbaikan dua jalan di Sampit gunakan teknologi daur ulang

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar berikan bantuan pendidikan untuk ratusan pelajar di Kotim

Baca juga: Basarnas bersinergi tingkatkan kesiapsiagaan tangani musibah di Kalteng