Dekan Fisipol dorong mahasiswa tingkatkan kapasitas dengan berorganisasi

id Dekan Fisipol dorong mahasiswa tingkatkan kapasitas dengan berorganisasi, kalteng, palangka raya, umpr

Dekan Fisipol dorong mahasiswa tingkatkan kapasitas dengan berorganisasi

Wakil Dekan Fisipol UMPR Noor Asiah (tiga kiri) menyerahkan bantuan dana kemahasiswaan kepada perwakilan organisasi intra Fisipol UMPR di Palangka Raya, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Fisipol UMPR

Palangka Raya (ANTARA) - Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (Fisipol UMPR) Irwani MAP mendorong mahasiswanya untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas diri dengan berorganisasi.

"Dalam rangka memperkuat peran serta mahasiswa untuk menuju Fisipol sebagai pusat keunggulan (center of excellence) kami juga sangat mendukung kegiatan organisasi kemahasiswaan yang ada," kata Irwani di Palangka Raya, Kamis.

Melalui organisasi, mahasiswa akan mampu meningkatkan keterampilan kepemimpinan, manajemen waktu, menjalin relasi, kemampuan bersosial dan mempelajari keahlian khusus sesuai dengan tujuan organisasi. Selain itu, organisasi juga merupakan wadah untuk mengaplikasikan teori di bangku perkuliahan.

Irwani mengatakan, salah satu keseriusan dukungan itu dilakukan dengan menyerahkan bantuan dana tunai kepada organisasi kemahasiswaan di lingkungan Fisipol UMPR.

Organisasi kemahasiswaaan itu adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (Hima Adna), Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Hima Ilkom), dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM).

"Dana ini kami berikan untuk mengembangkan organisasi kemahasiswaan, baik itu untuk pendanaan kegiatan maupun untuk pembentukkan koperasi mahasiswa maupun unit usaha mahasiswa lainnya," kata Irwani.

Baca juga: Kemitraan petani-perusahaan sawit mampu turunkan emisi karbon

Dekan muda ini pun meminta, mahasiswa tidak ragu untuk berkonsultasi mengenai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan. Baik itu dengan pembina organisasi, ketua program studi, dosen maupun Dekan Fisipol UMPR.

“Agar semua perencanaan program dan kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan baik maka perlu kiranya agar berkoordinasi dan mengkonsultasikan ragam kegiatan tersebut," katanya.

Koordinasi dan komunikasi ini juga upaya menyelaraskan agenda kerja mahasiswa dan pihak fakultas, sehingga program yang disusun akan semakin tepat sasaran dan berdampak maksimal.

Para mahasiswa yang saat ini menduduki jabatan di organisasi kemahasiswaan juga diminta bisa menjalankan perannya sebagai wadah untuk pengkaderan.

"Agar estafet kepemimpinan di organisasi kemahasiswaan tetap berjalan dan tidak putus," kata Irwani yang dulunya juga aktif di organisasi intra dan ekstra kampus.

Baca juga: Sambut akhir tahun, Hotel Neo Palma sediakan berbagai promo menarik

Baca juga: Legislator Palangka Raya apresiasi swalayan tak gunakan kantong plastik