Bupati Pulang Pisau: Perempuan sudah sangat berperan dalam derap pembangunan

id Pemkab pulang pisau, perempuan pulang pisau, bupati pulang pisau pudjirustaty narang, hari ibu ke 94, kesetaraan gender

Bupati Pulang Pisau: Perempuan sudah sangat berperan dalam derap pembangunan

Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang bersama unsur Forkopimda dalam puncak Peringatan Hari Ibu ke-94 yang dipusatkan di GPU Handep Hapakat, Kamis (22/12/2022).  (ANTARA/HO-Diskominfostandi Pulang Pisau)

Pulang Pisau (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang mengatakan, peringatan Hari Ibu merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa.

Hari Ibu yang selalu diperingati, merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi kepada perjuangan perempuan sejak kongres perempuan pertama di tahun 1928 yang menjadi tonggak perjuangan perempuan Indonesia, katanya di Pulang Pisau, Kamis.

"Sampai saat ini, perempuan Indonesia sudah sangat berperan dalam derap pembangunan di Indonesia," terangnya.

Untuk itu dari perspektif kesetaraan gender, menurutnya perbedaan peran perempuan dan laki-laki bisa dianggap secara umum terlihat tidak terlalu tampak perbedaan yang sangat ekstrem, meskipun masih ditemui isu gender di berbagai bidang pembangunan.

Saat pandemi COVID-19 memperlihatkan perempuan mendapat beban lebih berat, seperti hasil survei yang dilakukan oleh UN Women bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dan Indosat Ooredoo. Pandemi COVID-19 memperparah kerentanan ekonomi perempuan dan ketidaksetaraan gender, serta dapat mengancam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG's).

Baca juga: Bupati Pulang Pisau minta pejabat fungsional bekerja profesional

Namun, kata Pudjirustaty, ternyata perempuanlah yang mengambil peran pertama bergerak menanggapi bencana COVID-19 ini sebagai penggerak sosial dengan membuat gerakan gotong-royong membangun kesadaran bersama untuk penyediaan makanan dan alat pelindung diri. 

"Perempuan juga bergerak di antaranya mengambil peran penting dalam memerangi COVID-19 dengan menjadi tenaga kesehatan, peneliti, dan dapat diandalkan untuk mencegah penyebaran COVID-19, yakni melalui keluarga," jelasnya.
 
Pudjirustaty berharap, kaum perempuan memiliki peran besar dalam menyuarakan hak-haknya guna mendapatkan perlindungan dan mencapai kesetaraan gender. Melalui tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, memantik dan mewujudkan perempuan yang memiliki peran serta kedudukan setara dan memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan seperti bidang pendidikan, ekonomi, sosial, politik, dan hukum.

Peringatan Hari Ibu yang dipusatkan di GPU Handep Hapakat ditandai dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan penghargaan kepada wanita yang bisa menginspirasi kaum wanita.

Penghargaan perempuan inisiator dalam penyemangat, fasilitas dan informasi kewirausahaan bagi pelaku usaha rumahan berdaya perempuan diberikan kepada Ketua Riri Oshi Riyanti yang juga Ketua PKK Kelurahan Bereng.

Penghargaan perempuan inisiator berkiprah di masyarakat, pendidikan, agama dan adat budaya diberikan kepada Yulita Apia. Penghargaan perempuan inisiator pada pelayanan dan pendampingan tindakan kekerasan pada perempuan dan anak diberikan kepada Ira Udayana.

Baca juga: Dinas Sosial Pulang Pisau usulkan satu lansia terlantar masuk panti