Sigit K Yunianto: Pencabutan PPKM tingkatkan perekonomian Palangka Raya

id DPRD Palangka Raya,Kalteng,Sigit K Yunianto,PPKM,Perekonomian ,COVID-19,Palangka Raya

Sigit K Yunianto: Pencabutan PPKM tingkatkan perekonomian Palangka Raya

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto mengatakan Presiden RI Joko Widodo mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) beberapa waktu lalu, tentunya dapat meningkatkan perekonomian daerah.

"Ya saya sangat yakin dengan tidak adanya lagi PPKM putaran perekonomian di daerah akan kembali normal seperti sedia kala," katanya di Palangka Raya, Senin.

Dia menuturkan, bukti peningkatan perekonomian daerah mulai kembali normal, saat masyarakat di daerah setempat memadati tempat sejumlah lokasi wisata yang berada di sejumlah tempat.

Baca juga: Warga Kota Palangka Raya diingatkan waspadai kejahatan menjelang Nataru 2023

Bahkan obyek wisata alam yang berada di kawasan Tangkiling Kecamatan Bukit Batu sangat padat. Itu artinya perputaran ekonomi di kawasan wisata pada saat awal tahun 2023 mulai kembali menggeliat.

"Sebenarnya di tahun 2022 juga sudah mulai menggeliat, namun ditambah adanya pencabutan PPKM tentunya membuat tambah semangat para pelaku usaha serta pengelola tempat wisata untuk mengembangkannya," ucapnya.

Orang nomor satu di DPRD Kota Palangka Raya itu menuturkan, akan terus mendorong bagi pelaku usaha di daerah setempat untuk terus mengembangkan usahanya.

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya minta pemuda harus implementasikan Bela Negara

Bahkan kalau perlu ada produk buatan yang melambangkan ciri khas daerah, agar nantinya daerah kita di kenal dapat memproduksi kerajinan tangan yang dapat meningkatkan perekonomian di wilayah kota.

"Kami berharap masyarakat bisa mengembangkan usahanya dan tidak kalah bersaing dengan daerah luar, sehingga pertumbuhan perekonomian di daerah terus berkembang sesuai apa yang kita harapkan," bebernya.

Sebelumnya Presidn RI Joko Widodo mengatakan, dicabutan PPKM maka tidak ada lagi pembatasan kerumunan dan pergerakan masyarakat.

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya minta pemkot terus tingkatkan pelayanan publik

"Namun demikian saya meminta kepada seluruh masyarakat dan komponen bangsa untuk tetap berhati-hati dan waspada," katanya.

Ditambahkannya, bahwa negara selama ini sudah berhasil mengendalikan pandemi COVID-19 dengan baik dan sekaligus bisa menjaga stabilitas ekonomi. Hal itu karena kebijakan gas dan rem yang menyeimbangkan penanganan kesehatan dan perekonomian.

"Kalau kita lihat dalam beberapa bulan terakhir pandemi COVID-19 semakin terkendali," katanya.

Baca juga: Sigit K Yunianto: Cegah korupsi di setiap OPD agar tak hambat pembangunan daerah

Baca juga: Ketua DPRD apresiasi Disperindag kendalikan inflasi jelang Nataru

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya ajak masyarakat bantu pemberantasan narkoba