Ketua DPRD Palangka Raya minta pemuda harus implementasikan Bela Negara

id DPRD Palangka Raya,Kalteng,Sigit K Yunianto,PDIP,Ketua DPRD Palangka Raya minta pemuda harus implementasikan Bela Negara

Ketua DPRD Palangka Raya minta pemuda harus implementasikan Bela Negara

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengingatkan sekaligus meminta pemuda pemudi Indonesia khususnya di wilayah setempat, dapat agar mengimplementasikan yang namanya bela negara ketika beraktivitas sehari-hari di tengah masyarakat.

"Bagi pemuda dan pemudi generasi penerus bangsa Indonesia saat ini, Bela Negara bukan lagi soal gencatan senjata melawan para penjajah. Tetapi lebih kepada implementasi prinsip dan falsafahnya dalam kehidupan sehari-hari," katanya saat dihubungi di Palangka Raya, Senin.

Dia menuturkan, Bela Negara merupakan wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat yang harus diaktualisasikan. Baik dari dunia usaha, pendidikan, pemuda, tokoh agama dan seluruh elemen bidang profesi masing-masing.

Hal itu tentunya sebagai upaya, agar masyarakat mencintai bangsa ini sekaligus untuk membentengi masyarakat agar terhindar dari berbagai macam bentuk upaya adu domba dan paham radikal terorisme.

"Untuk menumbuhkan semangat patriotisme, ikhlas dan pantang menyerah dalam melakukan upaya Bela Negara maka seluruh komponen bangsa sudah semestinya untuk  belajar dan menghayati betul-betul sejarah pembentukan bangsa Indonesia ini yang tidak mudah," bebernya.

Orang nomor satu di lingkup DPRD Kota Palangka Raya itu juga menegaskan, jangan sampai generasi muda yang ada di Kota Cantik julukan Palangka Raya itu mudah diadu domba dengan berbagai hal.

Salah satunya jangan sampai masuk dan berkembangnya paham radikalisme, yang dapat merusak dan memecah belah keutuhan bangsa ini dengan berbagai cara.

Baca juga: Pemkot-DPRD Palangka Raya sepakat bahas Raperda Wawasan Kebangsaan

"Salah satunya adu domba antar sesama masyarakat. Kemudian juga mendoktrin agar oknum-oknum masyarakat mau menjalankan aksi-aksi yang tidak benar salah satunya melakukan bom bunuh diri serta lainnya yang dapat merugikan bangsa dan masyarakat setempat," ungkapnya.

Sebelum mengakhiri perbincangannya dengan awak media, beruntungnya di Kota Palangka Raya masyarakatnya sangat cerdas dan tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal tersebut.

"Terus perkuat Bela Negara terhadap masyarakat dan generasi muda kita, agar ke depan generasi muda bangsa ini tidak mudah dipengaruhi oleh bangsa asing," demikian Sigit.

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya minta pemkot terus tingkatkan pelayanan publik

Baca juga: Waspadai aksi pencurian di Palangka Raya yang mulai marak terjadi