Waspadai aksi pencurian di Palangka Raya yang mulai marak terjadi

id DPRD Palangka Raya,Kalteng,Rusdiansyah ,PKB,Aksi Pencurian,Kepolisian,Waspadai aksi pencurian di Palangka Raya mulai marak terjadi

Waspadai aksi pencurian di Palangka Raya yang mulai marak terjadi

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Rusdiansyah. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rusdiansyah mengingatkan sekaligus meminta kepada masyarakat di daerah setempat, agar mewaspadai aksi pencurian yang belakangan ini marak terjadi di kota setempat.

"Masyarakat saya sarankan agar terus meningkatkan kewaspadaannya, karena pelaku kejahatan pencurian masih berkeliaran dan masih mencari mangsanya," katanya saat dihubungi ANTARA di Palangka Raya, Kamis.

Sekretaris Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Palangka Raya itu menuturkan, untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan pencurian di rumah-rumah warga, ketua Rukun Tetangga (RT) di sekitar pemukiman warga harus mengaktifkan kembali jaga malam.

Kegiatan tersebut tentunya dapat mempersempit ruang gerak para pelaku yang hendak beraksi di komplek perumahan milik warga. Bahkan dengan kekompakan warga, yakni saling tanggap komplek akan terhindar dari aksi kejahatan tersebut.

"Apabila ada melihat seseorang atau kelompok masyarakat yang bukan berasal dari komplek perumahan warga dan mencurigakan, alangkah baiknya diwaspadai. Kalau gerak-geriknya membahayakan, segera laporkan ke pak RT atau kepolisian setempat untuk ditindak lanjuti," ucapnya.

Rusdiansyah yang akrab disapa Uwah itu juga mengajak seluruh masyarakat untuk tidak tutup mata terkait tindak kejahatan lainnya, yang bisa terjadi di pemukimannya.

Misalnya tindak pidana narkoba, sehingga rumah yang berada di komplek perumahan warga dijadikan markas atau sarang untuk bertransaksi narkoba jenis sabu dan pil ekstasi.

Baca juga: Legislator Palangka Raya berjanji kawal usulan pembangunan dari masyarakat

"Kalau tidak dilaporkan, tentunya akan membahayakan warga sekitarnya bahkan generasi bangsa ini bisa rusak akibat peredaran narkoba yang saat ini cukup tinggi di daerah kita," ungkapnya.

Sebelum mengakhiri perbincangannya dengan ANTARA, ia berpesan masyarakat jangan pernah takut dengan tindak kejahatan yang terjadi di wilayah setempat.

"Kalau melihat dan mendengar terkait tindak kejahatan apa saja terjadi di wilayah nya segera laporkan kepolisian, agar tindakan tersebut dapat ditindak lanjuti," demikian Rusdiansyah.

Baca juga: Waket DPRD: Pembangunan SD-SMP kawasan Kecipir sangat membantu masyarakat