DPRD Palangka Raya apresiasi Dinkes berikan layanan kesehatan gratis terdampak ablasi

id DPRD Palangka Raya ,Kalteng,Sigit K Yunianto,Ablasi,Sungai Kahayan,Dinkes Palangka Raya,Andjar Hari Purnomo ,DPRD Palangka Raya apresiasi Dinkes berik

DPRD Palangka Raya apresiasi Dinkes berikan layanan kesehatan gratis terdampak ablasi

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto mengapresiasi Dinas Kesehatan Kota di daerah setempat, yang telah memberikan layanan kesehatan gratis bagi warga yang terdampak ablasi di bantaran Sungai Kahayan.

"Ini bukti dinas tertakit (Dinkes) setempat sangat memperhatikan kesehatan warga yang terdampak ablasi di bantaran Sungai Kahayan," katanya di Palangka Raya, Sabtu.

Sigit berharap, pelayanan kesehatan gratis kalau bisa diberikan tidak hanya kepada warga yang terdampak ablasi Sungai Kahayan saja, melainkan masyarakat yang selama ini tidak memiliki kartu jaminan sosial.

Hal tersebut tentunya dapat menjadi perhatian Pemerintah Kota Palangka Raya maupun instansi terkait. Tujuannya tidak lain, sama-sama untuk membantu masyarakat di daerah ini yang tidak mampu untuk berobat.

"Peran Ketua Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) yang aktif, sehingga ketika ada warganya yang tidak mampu untuk berobat ke rumah sakit atau puskesmas , dapat dilaporkan ke Dinkes setempat agar bisa diberikan pelayanan kesehatan gratis," pintanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo belum lama ini mengatakan, pelayanan kesehatan secara gratis bagi warga terdampak ablasi di bantaran Sungai Kahayan sudah rutin diberikan.

"Kita sudah bergerak cepat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga terdampak ablasi. Bahkan dalam tiga hari terakhir ini kami secara masif mendatangi warga yang terdampak ablasi," katanya.

Sampai dengan saat ini, sambung Andjar, ada dua dokter serta dua tenaga perawat dan satu bidan masih siaga bertugas memberikan pelayanan kesehatan. Terutama di posko pengungsian.

"Masyarakat yang terdampak ablasi saat ini menjadi prioritas pelayanan pihak kami. Sebab saat musibah seperti itu akan ada banyak keluhan dari sisi kesehatan baik itu terkait tekanan darah, flu, batuk dan lain sebagainya," kata Andjar Hari Purnomo.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2023